FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 03-2018

    1941

    Budaya, Sarana Tingkatkan Literasi Masyarakat Paling Jitu

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menteri Kominfo Rudiantara dalam Diskusi bertema Mahasiswa Islam: Budaya adalah Jurus Jitu Penangkal Hoax di Lebak Bulus Jakarta, Kamis (29/3/2018). - (DPS)

    Jakarta, Kominfo - Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini belum diiringi peningkatan literasi digital masyarakat. oleh karena itu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan budaya menjadi salah satu nilai penting yang dapat dijadikan medium menangkal informasi bohong atau hoaks.

    Menteri Kominfo mengharapkan dengan pembentukan budaya, tingkat kemampuan masyarakat untuk memilih konten dapat ditingkatkan lagi secara signifikan.“Budaya adalah sarana meningkatkan literasi paling jitu. Budaya memiliki sistem nilai yang paling penting,” katanya dalam acara Diskusi Bersama Mahasiswa Islam: Budaya adalah Jurus Jitu Penangkal Hoaks, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2018).

    Di hadapan ratusan mahasiswa Institut PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an), Menteri Rudiantara menyatakan pendekatan budaya perlu dilakukan sejalan dengan harapan pemerintah meningkatkan literasi digital masyarakat. “Pendekatannya harus melalui pendekatan budaya setempat. Ada juga pendekatan pakai petunra, pertunjukkan rakyat. Siapa pemimpinnya? Dalang. Nah, kami titipkan pesan disitu. Kalau pemerintah langsung yang bicara, masyarakat bosan,” jelasnya.

    Menteri Kominfo menuturkan, sosialisasi untuk mengajak masyarakat menepis hoaks selama ini sudah dilakukan dengan beragam cara, mulai dari dakwah-dakwah hingga pertunjukan rakyat."Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu peran serta masyarakat dalam mengatasi hoaks ini. “Pemerintah tidak bisa menyelesaikan semuanya tanpa bantuan masyarakat,” tambahnya.

    Peningkatan literasi digital bukanlah satu-satunya jalan yang dilakukan Kementerian Kominfo. Menteri Rudiantara menyebutkan, pemberian batasan akses dalam dunia siber juga menjadi salah satu tugas pemerintah untuk melindungi masyarakat dari konten negatif.

    Menteri Kominfo menyebutkan ciri-ciri hoaks, antara lain pesan yang didahului kalimat ‘Dari kamar sebelah’, mengatasnamakan kelompok tertentu, dan diakhiri dengan ajakan untuk memviralkan. “Ciri-cirinya antara lain, walaupun bukan semuanya ya. Nomer satu dari kamar sebelah, loh kamarnya siapa? Kedua, mengatasnamakan kelompok tertentu. Ketiga, diakhiri dengan kata ayo viralkan,” jelasnya.

    Menteri Rudiantara mengajak ratusan mahasiswa/i PTIQ agar tidak mudah tertipu dengan hoaks. "Penyebaran hoaks tersebut tidak ada manfaatnya melainkan hanya buang-buang pulsa saja," tukasnya. (ABP)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Awas Hoaks! Etnis Rohingya Hanya Berakting Jadi Pengungsi

    Hasil penelitian yang dilakukan Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam video tersebut tidaklah benar. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA