FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 03-2018

    2774

    Kunjungan Industri STMIK Jakarta STI&K, Mahasiswa Belajar Soal Kominfo dan Kompetensi SDM

    Kategori Berita Kominfo | ivon001
    Mahasiswa STIMK Jakarta berkunjung ke Kementerian Kominfo, Selasa (27/03/2018) kemarin. Kunjungan industri itu ditujukan menambah wawasan dan menunjang pengayaan dan implementasi mata kuliah dalam dunia kerja. - (Biro Humas/IR)

    Jakarta, Kominfo - Sejumlah 30 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jakarta STI&K tampak antusias ketika berkunjung ke Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Jalan Medan Merdeka Barat 9 Jakarta Pusat, Selasa (27/03/2018) kemarin. Beberapa pertanyaan diajukan berkaitan dengan kerja Kementerian Kominfo, kompetensi sumberdaya manusia dan soal trend terkini yang tengah berkembang di media sosial yaitu hoaks.

    Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo Sugeng Pramono menyatakan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo beberapa waktu lalu membentuk tim khusus menangani aduan konten. "Ada cukup banyak aduan yang masuk, termasuk soal hoaks. Bisa dilihat di website kominfo.go.id untuk rekapitulasi aduannya. Prinsipnya jika ada aduan, termasuk soal hoaks, kami melakukan tindak lanjut aduan itu dengan pemblokiran akun atau platform," jelasnya.

    Menyinggung soal banyaknya hoaks yang beredar di media sosial, Sugeng menyatakan berimbas pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media sosial.  Media cetak dan elektronik dinyatakan Sugeng sebagai sumber informasi yang masih dipercaya hingga saat ini karena informasi yang diberikan tidak mengandung hoaks.

    “Kalau kalian sering baca koran atau majalah, di artikel selalu ada lokasi dimana kejadiannya dilaporkan seperti Jakarta, Bogor, dan lainnya. Lalu juga ditampilkan siapa yang berbicara. Apakah tokoh masyarakat, pejabat, atau siapapun yang membuat statement. Mengapa dibicarakan, dan ada apa sampai hal itu dibicarakan. Dan di media itu juga ditulis siapa yang membuat. Kalau ada foto, ditampilkan juga”, jelas Sugeng.
     

    Suasana Kunjungan Mahasiswa STMIK di ruang Maladi Kominfo

    Kunjungan industri mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, dan Sistem Komputer STMIK Jakarta STI&K tersebut berlangsung di Ruang Rapat Maladi Lantai 2 Gedung Belakang Kementerian Kominfo. Kunjungan industri itu ditujukan menambah wawasan dan menunjang pengayaan dan implementasi mata kuliah dalam dunia kerja. Didampingi Dosen Pendamping Harianto, rombongan diterima Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan Eka Yani H, Peneliti Pusat Pengembangan SDM Informatika Fajar Rulhudana, dan Pengelola Data Center Pusat Data dan Sarana Informatika Kusnadi.

    Para pemateri dari kominfo dan juga prodi STMIK di ruang maladi

    Peneliti Pusat Pengembangan SDM Informatika Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Fajar Rulhudana mengupas materi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika. Menurutnya, SKKNI merupakan sebuah dokumen yang menjelaskan kompetensi pengetahuan, skill dan sikap kerja. "Sikap kerja menjadi hal yang perlu ditekankan, karena kebanyakan hanya mempelajari pengetahuan dan skill.  Attitude itu sikap. Jadi, kalau bekerja apakah bertanggung jawab atau tidak, akan mempengaruhi karier,” jelasnya.

    Rangkaian acara ditutup dengan pembagian materi pengetahuan mengenai data center, security, dan core network dari staf Pusat Data Sarana Informatika, Kusnadi. Ia turut memberi kesempatan kepada 10 perwakilan mahasiswa untuk melihat data center di Kominfo. (FHU/YS)

    Sesi Foto Bersma STMIK dan Pejabat Kominfo

    penyerahan plakat kunjungan STMIK ke Pejabat Kominfo

    Berita Terkait

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia, Kominfo Perkuat Manajemen ASN

    Kementerian Kominfo melakukan transformasi SDM Aparatur dengan mempertemukan antara ekspektasi individu ASN dan organisasi instansi pemerint Selengkapnya

    Uji Coba Distribusi STB, Warga: Siaran Lebih Beragam dan Berkualitas

    Setelah pemasangan STB jumlah siaran TV yang bisa disaksikan bertambah dengan kualitas gambar dan suara yang sangat baik. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA