FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 03-2018

    3886

    Menkominfo: Peran Pemerintah Jadi Fasilitator dan Akselerator

    Kategori Berita Kominfo | vera002
    Menkominfo Rudiantara memberikan keynote speech dalam Seminar Nasional Sekar Telkom bertema "Mendorong Regulasi OTT yang Berkeadilan" di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (22/3/2018). - (VY)

    Jakarta, Kominfo - Peran pemerintah di era digital dijelaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengalami perubahan. Ia menyebut saat ini Kementerian Kominfo tidak lagi berpikir sebagai regulator, tapi berubah menjadi fasilitator dan akselerator.

    "Kita berikan kemudahan dan simplifikasi regulasi, dimana perusahaan startup tidak perlu meminta izin tapi hanya registrasi. Jadi kita fokusnya adalah mempermudah dan membuka ruang inovasi seluas-luasnya,” jelasnya dalam Seminar Nasional Sekar Telkom "Mendorong Regulasi OTT yang Berkeadilan" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

    Perubahan peran itu dimaksudkan agar industri TIK Nasional dan sektor-sektor lainnya berkembang lebih pesat. Pemerintah menurut Menteri Kominfo mengeluarkan kebijakan afirmatif bagi pengembangan infrastruktur TIK diantaranya dengan percepatan peluncuran teknologi 4G, pembangunan High Throughput Satellite, dan mendorong lahirnya entrepreneur digital di bidang start-up, termasuk layanan over the top (OTT).

    “Kita buat kebijakan afirmatif yang mendukung produk nasional. Saat ini kita sudah memiliki 4 OTT yang sudah menjadi unicorn. Indonesia merupakan pasar terbesar untuk digital, untuk itu investasi harus didorong untuk tumbuh. Bangsa ini harus berubah, kita ambil posisi leader karena ketika bicara ekonomi digital, Indonesia akan menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” jelasnya.

    Menteri Rudiantara menyatakan saat ini negara Indonesia lebih atraktif dari negara lain untuk investasi. "Tinggal mencari investor yang bisa memberi nilai tambah bagi. Kita butuh investor yang bisa create nilai tambah bagi Indonesia, seperti kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk pengembangan industri dalam negeri,” tandasnya. (VE)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA