FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 03-2018

    2131

    Ditjen SDPPI Kemkominfo dan BNI Sepakat Bermitra Wujudkan Cashless dalam Penggunaan Anggaran Pemerintah

    SIARAN PERS NO. 69/HM/KOMINFO/03/2018
    Kategori Siaran Pers
    Penandatangan Nota Kesepahaman antara Ditjen SDPPI dengan Bank BNI

    Siaran Pers No. 69/HM/KOMINFO/03/2018

    Tanggal 13 Maret 2018

    tentang

    Ditjen SDPPI Kemkominfo dan BNI Sepakat Bermitra Wujudkan Cashless dalam

    Penggunaan Anggaran Pemerintah

     

    Jakarta, 13 Maret 2018 - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sepakat untuk menjalin kerja sama terkait penggunaan Corporate Credit Card dalam mewujudkan sistem pembayaran APBN secara non tunai (cashless).

    Kesepakatan kedua pihak ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) oleh Sekretaris Ditjen SDPPI Sadjan dan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati di Gedung Menara Merdeka, Jakarta, Selasa (13/03/2018).

    Penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Direktur Jenderal SDPPI Ismail, Direktur Bisnis Konsumer BNI Aanggoro Eko Cahyo, para pajabat eselon dua Sekretariat Jenderal dan Ditjen SDPPI, serta pejabat BNI dan tamu undangan.

    Dirjen SDPPI dalam sambutannya mengungkapkan bahwa gagasan penggunaan Corporate Credit Card ini dilatarbelakangi keinginan Ditjen SDPPI untuk memberikan kemudahan dan fasilitas bagi para pegawai dalam menjalankan kegiatan, khususnya perjalanan dinas, serta mendukung tugas dan fungsi yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan teknologi digital.

    “Hal ini selaras dengan peran Kementerian Kominfo yang tugasnya menangani teknologi dan informatika,” katanya.

    Selain itu, lanjut Ismail, penggunaan Corporate Credit Card ini nanti juga dimaksudkan untuk merespons imbauan Kementerian Keuangan dalam modernisasi sistem pembayaran APBN secara non tunai (cashless), yakni dengan menggunakan kartu kredit dalam sebagian kegiatan belanja pemerintah.

    Ismail menyebutkan bahwa tujuan dari penggunaan Corporate Credit Card ini antara lain guna meminimalisasi penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan negara, meningkatkan keamanan transaksi, mengurangi potensi fraud, serta mengurangi cost of fund/idle cash dari penggunaan anggaran pemerintah.

    “Saya mengajak Saudara untuk berpartisipasi dan mendukung pemanfaatan Corporate Credit Card BNI, hal ini dikarenakan pada prinsipnya penggunaan kartu ini memberikan kepercayaan kepada para pegawai dalam penggunaan anggaran guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance),” jelas Ismail.

    Dirjen SDPPI juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kesediaan seluruh jajaran BNI yang telah bersedia menjadi mitra Ditjen SDPPI dalam mewujudkan good governance.

     

    Biro Humas

    Kementerian Kominfo

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA