FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 03-2018

    3221

    Gaet Influencer, Kampanye Literasi Digital Sabet Penghargaan MarkPlus

    Kategori Berita Kominfo | noor.iza
    Para pemenang penghargaan tahunan WOW Brand kategori "Indonesia Brand Endorsement of the Year 2018" segmen non-komersil - (Sarifudin)

    Jakarta, Kominfo – Upaya peningkatan literasi digital masyarakat yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika diganjar penghargaan dari MarkPlus, firma konsultansi yang didirikan ahli pemasaran Hermawan Kartajaya, untuk kategori "Indonesia Brand Endorsement of the Year 2018" segmen non-komersil, Kamis (08/03) malam. Oleh panel juri pada ajang WOW Brand Festive Day tahun 2018, kampanye literasi digital yang secara konsisten dilakukan Kementerian Kominfo dinilai berhasil karena menggunakan pendekatan lintas pemangku kepentingan.

    "Beberapa program semisal INCAKAP (Internet Cerdas Kreatif Produktif) dan IndonesiaBaik.id menjadi unggulan dalam menyabet ragam penghargaan tadi," jelas Plt Kepala Biro Humas Noor Iza, yang mewakili Kementerian Kominfo menerima penghargaan tersebut.

    Melalui INCAKAP, Kementerian Kominfo meningkatkan familiaritas dan pemahaman orang tua seputar penggunaan internet secara cerdas. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan panduan bagi orang tua untuk mencegah anak kecanduan gawai dan dampak negatif dari penggunaan gawai tanpa pengawasan, serta pengenalan Sistem Whitelist Nusantara. Di tengah populasi ibu muda yang jumlahnya kian meningkat, INCAKAP menjawab tantangan perkembangan teknologi. Pada program ini Kementerian Kominfo menggandeng Direktur IBM Indonesia, Dinas Pendidikan Jakarta Timur, Ketua Umum Wanita Persahi, bahkan TNI Angkatan Laut dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

    Kementerian Kominfo tidak hanya menyasar orang tua yang terbilang baru membangun keluarga, namun juga generasi muda. Melalui IndonesiaBaik.id, Kementerian Kominfo menjalankan fungsinya sebagai government public relations dengan menyajikan informasi resmi dan akurat dari lintas sektor pemerintah dengan grafis yang segar dan mudah dipahami.

    Pendekatan lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan tingkat literasi digital masyarakat juga terlihat pada gerakan SiBerkreasi yang didukung Kementerian Kominfo. Dennis Adishwara, Josie Project Pop, Marcella Zalianty dan Anji hanyalah sebagian dari massa penggerak gerakan ini.

    Lebih jauh, konten yang dapat diakses masyarakat tidak terbatas dari IndonesiaBaik.id saja. Situs literasidigital.id memuat 18 buku gratis untuk orang tua dan pendidik yang diluncurkan pada 31 Januari 2018 silam.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA