FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 03-2018

    3200

    Kominfo-Polri Perkuat Kerja Sama Penindakan Kejahatan Siber

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menteri Kominfo Rudiantara saat menjadi panelis dalam sesi panel IV Rakernis Bareskrim Polri di Hotel Mercure Ancol Jakarta Utara, Rabu (7/3/2018) siang.

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi kerja sama antara Polisi Republik Indonesia (Polri) dengan Kementerian Kominfo atas penindakan kejahatan dalam dunia siber yang marak terjadi, terutama mengenai hoaks yang menjadi wewenang Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

    “Kalau ada di platform isinya adu domba, bertentangan dengan Undang-Undang  Indonesia, kita cek dan koordinasi bersama Polri,” tuturnya dalam Sesi Panel ke-4 Rapat Kerja Teknis Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Negara Republik Indonesia di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Rabu (7/3/2018).

    Sebagai salah satu panelis Diskusi “Penanganan Isu SARA, Intoleransi dan Hoax”, Menteri Rudiantara mengajak Polri untuk mengendalikan mesin pengais yang baru saja diluncurkan awal tahun 2018 lalu.  Menurut Menteri Kominfo, ia akan memberikan Polri akses langsung dalam mengendalikan Cyber Drone 9 yang berada di Lantai 8 Gedung Utama Kementerian Kominfo itu.

    Salah satu agenda yang menjadi perhatian Kementerian Kominfo adalah Pilkada Serentak tahun ini.  “Konsen kita sama-sama menjelang Pilkada ini. Khususnya jangan media sosial dimanfaatkan untuk hal-hal yg negatif,” paparnya.

    Menteri Rudiantara menekankan kerja sama Polri dan Kementerian Kominfo penting untuk penegakkan hukum kejahatan dunia siber. Apalagi, dalam struktur organisasi Kementerian Kominfo terdapat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang dapat membantu menyelidiki dan memberikan bukti jejak digital dalam penanganan berbagai kasus kejahatan siber.

    Diskusi Panel Sesi IV menghadirkan jajaran stakeholders lainnya sebagai panelis antara lain Ketua Satuan Tugas (Satgas) Nusantara Polri Irjen Pol. Gatot Edi Pramono, Ketua MUI Pusat KH. Masduki Baidlowi dan Alisa Wahid mewakili Civil Society Organization. (ABP)

    Berita Terkait

    Cincin Perusak Kertas Suara Pemilu 2024? Itu Hoaks!

    Gambar tersebut adalah hoaks lama yang pernah beredar pada Pemilu 2019 dan kembali beredar menjelang Pemilu 2024. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    [Berita Foto] Perkuat Konektivitas Tol Langit Lewat BTS 4G dan SATRIA-1

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menargetkan pembangunan 7200 BTS 4G BAKTI Kominfo di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dapat disele Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA