FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2018

    1499

    Dirjen IKP: Media Center untuk Jalur Informasi Pusat-Daerah

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Depok, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti menegaskan fungsi Media Center yang dikembangkan Kementerian Kominfo bersama Dinas Kominfo provinsi, kabupaten, dan kota sebagai jalur penyampaian informasi dari pusat ke daerah secara timbal balik.

    "Fungsi media center adalah menyampaikan informasi dari pusat, dan diharapkan didistribusikan ke daerah dalam setiap kanal yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Jadi sumbernya adalah InfoPublik dan juga jaringan pemberitaan pemerintah (JPP), dan nanti kita juga akan membangun Website besar yang namanya Indonesia.go.id,” katanya saat Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Konten Bagi Pengelola Media Center Daerah di Depok, Jawa Barat, Rabu (21/02/2018).

    Dirjen Niken berharap, informasi dari indonesia.go.id ini, juga didistribusikan melalui portal daerah, tetapi isi dari indonesia go.id juga dikirimkan dari Media Center seperti yang dikirimkan ke InfoPublik. “Jadi kita sedang menata ulang website kita, tetapi paling tidak kita sangat bahagia, bapak ibu sudah menyampaikan informasi melalui Media Center,” paparnya.

    Dirjen Niken menjelaskan media center juga diharapkan dapat menjadi sebagai sarana pendidikan, pemberdayaan, pencerahan, dan nasionalisme. “Nasionalisme ini sangat penting sekali, kenapa, karena dengan adanya media sosial rasa nasionalisme kita tergerus oleh paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila. Jadi Media Center dari negara harus kita manfaatkan untuk kepentingan negara, untuk menjaga kedaulatan NKRI,”
    katanya.

    Dirjen IKP menambahkan, dari tahun 2007-2014 terdapat 171 jaringan Media Center (MC), 2014 ada 25 MC, 2015 ada 30 MC, dan di 2016 ada 25 MC, sehingga total ada 251 MC. Setiap tahun Dirjen IKP memberikan apresiasi kepada Media Center yang aktif memberikan kontribusi berita maupun foto. Pada saat Bimtek di Tangerang, 27 Februari 2017 lalu Dirjen IKP memberikan penghargaan bagi media center terbaik kategori berita dan foto. 

    Media Center Terbaik 1 kategori berita dan foto juga diundang untuk menghadiri World Press Freedom Day yang berlangsung pada 1-4 Mei 2017 di Jakarta, sehingga dapat memahami pengelolaan media center skala Internasional. “Nanti kepada Media Center terbaik satu kategori berita dan foto, juga akan diundang untuk meliput event Asian Games 2018,” pungkasnya. (Yura)

    Berita Terkait

    Presiden Ingin Platform Teknologi Dukung Transformasi Kemajuan Bangsa

    Selengkapnya

    Kominfo Dorong Peningkatan SDM Berkualitas untuk Kelola Pusat Data

    Direktur Layanan Aplikasi Informasi Pemerintahan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Info, Bambang Dwi Anggono menyatakan Selengkapnya

    Gojek: Indonesia Siap Memasuki Transformasi Digital

    Sebagai salah satu startup digital terbesar di Asia Tenggara, Super App Gojek menilai karakter masyarakat Indonesia menandakan Indonesia sud Selengkapnya

    Dirjen IKP: Diseminasi Informasi Stunting Jangkau 37,7 Juta Orang

    Diseminasi informasi terkait dengan pencegahan stunting pada anak hingga bulan Juni 2020 telah menjangkau sebanyak 37,7 juta orang di berbag Selengkapnya