FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 02-2018

    2493

    Produk Indonesia Siap Dijual di Platform E-Dagang Terkemuka AS

    Kategori Berita Pemerintahan | ivon001
    Handmade tas buatan tangan pengrajin asal Indonesia, Everina, berhasil melewati proses kurasi produk dan manajemen usaha sehingga dapat menjual ke salah satu platform e-dagang raksasa dunia, Amazon Handmade. - (Biro Humas Kemendag RI)

    Los Angeles, 12 Februari 2018 – Indonesia Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC LA) semakin gencar melakukan promosi produk ke berbagai platform e-dagang (e-commerce) di pasar Amerika Serikat (AS). Inkubator produk artisan binaan ITPC LA, Everina yang menghasilkan berbagai macam tas buatan tangan asal Indonesia, berhasil melewati proses kurasi produk dan manajemen usaha sehingga dapat menjual ke salah satu platform e-dagang raksasa dunia, Amazon Handmade.

    Peluang ini merupakan hasil upaya ITPC LA, setelah sebelumnya mempertemukan salah satu pendiri Everina dengan Kepala Amazon Handmade North America, pada Minggu (16/12) lalu di LA.

    “Hal ini merupakan contoh upaya positif ITPC LA mendorong ‘Akselerasi Perdagangan di Era Ekonomi Digital’ sejalan dengan tema Rapat Kerja Kemendag awal tahun 2018,” ungkap Kepala ITPC LA Antonius A. Budiman.

    Merek Everina menghadirkan berbagai produk tas selempang berbahan rotan, tas jinjing berbahan lamun (sejenis rumput laut), dan tas tenun ikat. Produk-produk tersebut merupakan produk buatan tangan yang dibuat oleh para pengrajin wanita di Nusa Tenggara Timur dan Bali.

    Amazon Handmade merupakan bagian dari platform e-dagang raksasa dunia, Amazon, yang mengkhususkan pada penjualan produk buatan tangan. Beberapa tahun terakhir, konsumen AS sangat tertarik dengan produk buatan tangan karena memiliki keunikan tersendiri.

    Untuk dapat menjadi pemasok dan menjual produk di Amazon Handmade, para kurator harus memperhatikan desain dan kualitas produknya. Selain itu, pemasok harus berkontribusi terhadap kesejahteraan para pengrajinnya.

    Sebagai inkubator ITPC LA, Everina berkomitmen membawa produk artisan Indonesia ke pasar AS dengan mengutamakan kesejahteraan pengrajinnya di Indonesia. "Para pengrajin akan diuntungkan dengan harga yang layak, lingkungan kerja yang sehat, serta penggunaan berbagai material yang ramah lingkungan,” ujar Antonius.

    Selain Amazon Handmade, Everina juga telah melewati tahap kurasi produk untuk dapat berjualan di platform e-dagang Etsy, salah satu situs penjualan global yang fokus pada produk artisan yang mengedepankan perdagangan yang adil dan berkelanjutan. Etsy merupakan platform e-dagang yang memiliki jangkauan global dengan 1,9 juta penjual aktif dan menjual lebih dari 45 juta produk. “Masuknya produk artisan Everina di Amazon Handmade dan Etsy membuka peluang untuk menjangkau konsumen baru secara digital di seluruh pelosok AS dan bahkan dunia. Ini kesempatan besar bagi produk buatan Indonesia untuk go-digital dan menjangkau konsumen secara langsung,” terang Antonius.

    Sebelumnya, ITPC LA juga telah memperkenalkan Everina dengan Zulily. Platform e-dagang yang berpusat di Seattle ini fokus pada keunikan produk untuk wanita dan anak-anak. Zulily yang telah berdiri sejak tahun 2010 menjual produk melalui metode penawaran barang dalam waktu yang terbatas (flash sales). Saat ini Zulily masih dalam tahap mengkurasi produk Everina.

    Selain itu, ITPC LA bersama Everina juga telah melakukan pendekatan dengan platform e-dagang Nordstrom. Everina tengah menyiapkan berbagai data terkait informasi produk untuk segera disampaikan ke Nordstrom.

    “Berbagai respons positif ini merupakan bukti tingginya minat konsumen AS untuk produk artisan. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk peningkatan ekspor Indonesia ke AS, terutama di kawasan Pantai Barat,” kata Antonius.

    Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Simon Soekarno menambahkan bahwa perubahan fundamental menuju tren digital diperkirakan akan terus meningkat, sehingga The Wall Street Journal menginformasikan para peritel besar seperti Macy’s, West Elm, Whole Foods, dan Nordstrom untuk mulai mencari berbagai produk artisan dari berbagai negara.

    Ekspor Tas dan Aksesori Indonesia ke AS

    Pada periode Januari-Oktober 2017 impor produk tas dan aksesori AS mencapai USD 10,9 miliar, naik 1,36% dari periode yang sama di tahun 2016. Sementara itu, impor dari Indonesia pada periode Januari-Oktober 2017 untuk produk ini mencapai USD 203,80 juta. Jumlah ini meningkat sebesar 39,05% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar USD 146,57 juta. Nilai ini melampaui total impor tertinggi dari Indonesia selama 5 tahun terakhir.

    Negara asal impor tertinggi untuk produk tas dan aksesori pada tahun 2016 adalah China dengan nilai mencapai USD 7,5 miliar. Namun untuk periode Januari-Oktober 2017 nilai tersebut mengalami penurunan sebesar 1,91% dari USD 6,4 miliar menjadi USD 6,27 miliar dibandingkan periode yang sama pada 2016.

    Sementara itu, peringkat Indonesia mengalami peningkatan dari negara urutan ke-8 pada periode Januari-Oktober 2016 menjadi peringkat ke-7 pada periode yang sama tahun 2017.

    Simon berharap gencarnya upaya untuk menyasar berbagai acara, situs e-dagang, dan pusat perbelanjaan dapat meningkatkan ekspor produk artisan di pasar AS secara signifikan. "Perwakilan senantiasa akan terus mendukung perluasan akses pasar produk Indonesia di AS,” pungkasnya.

     

    Sumber:

    Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles, Amerika Serikat Disunting oleh Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan

    http://www.kemendag.go.id/id/news/2018/02/12/produk-indonesia-siap-dijual-di-platform-e-dagang-terkemuka-as

     

     

    Produk Indonesia Handmade di Amazon (1)

     

    Produk Indonesia Handmade di Amazon (2)

    Berita Terkait

    Perkuat Sistem Logistik di Indonesia, Wapres Dorong Cari Model Terbaik

    Wapres menyampaikan, riset ini sangat krusial diinisiasi oleh pelaku usaha sebagai pihak yang paling memahami kondisi di lapangan. Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Kabinet Indonesia Maju Sangat Solid

    Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara guna menanggapi isu kegaduhan yang terjadi di kabinet yang dipimpinnya saat ini. Selengkapnya

    Bahas Visi Indonesia Emas 2045, Pemerintah Undang Pemuda

    RPJPN 2025-2045 menargetkan pendapatan per kapita Indonesia setara dengan negara maju mencapai USD30.300 di 2045. Kementerian PPN/Bappenas t Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Tiga Fase Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah sendiri telah membangun sejumlah infrastruktur digital seperti Jaringan Fiber Optic Palapa Ring yang menghubungkan 57 kabupaten d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA