FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 02-2018

    2592

    Menkominfo Tantang Komunitas Anti Hoaks Hapuskan Berita Palsu

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menteri Kominfo Rudiantara menjelaskan pemerintah membutuhkan bantuan seluruh elemen masyarakat untuk menghadapi penyebaran hoaks dalam Rakernas Mafindo di Kampung Wisata Ngaran 2 Borobudur Magelang, Sabtu (10/2/2018) sore.

    Magelang, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengakui Kementerian Kominfo tidak akan efektif membasmi hoaks tanpa bantuan masyarakat. Oleh karena itu, ia  menantang pegiat komunitas anti hoaks untuk terus kembangkan kerangka pikir dalam menghapuskan berita palsu di negara ini.

    “Kami harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Kami tidak akan efektif tanpa bantuan dari masyarakat,” paparnya ketika memberikan sambutan dalam  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) di Kampung Wisata Ngaran 2 Borobudur, Magelang,  Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2018) sore.

    Menteri Kominfo meminta pegiat komunitas Mafindo agar memposisikan diri mereka sebagai petinggi negara yang tidak memiliki batasan. Menurutnya, penting untuk segera menindaklanjuti isu ini agar tahu cara penanganan isu hoaks dari berbagai sudut. “Kita perlu tahu bagaimana cara menanganinya, terutama kepada semua elemen di Indonesia ini tahu harus ngapain terhadap hal tersebut,” tambahnya.

    Menteri Rudiantara mengungkapkan pemerintah tidak mampu menangani seluruh permasalahan di dunia digital ini sendirian. Rudiantara menekankan bahwa pihaknya akan transparan terhadap publik dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk membasmi hoaks.

    Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kominfo Kominfo mengapresiasi aplikasi mobile yang dapat membantu mendeteksi hoaks. Ia menjanjikan akan mencoba menghubungi pihak Research and Development Apple di Indonesia agar dapat membantu mengembangkan aplikasi Hoax Buster Tools (HBT) yang saat ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna android. (ABPP)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA