FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 02-2018

    2237

    Dorong Generasi Milenial Gunakan Medsos Secara Bertanggungjawab

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Padang, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengemukakan saat ini hoax masih menjadi ancaman di kalangan pengguna media sosial, oleh karena itu dibutuhkan tanggung jawab generasi milenial dalam menggunakan media sosial. "Maka tabayyun atau cek dan ricek sangat diperlukan. Selain itu, pengguna medsos harus memanfaatkan medsos untuk hal-hal yang bermanfaat dan menghindari menyebarluaskan konten negatif," jelasnya saat menyampaikan pidato kunci menutup Literasi Digital Citizenship untuk Generasi Milenial  di Hotel Basco, Padang, Sumatera Barat, Rabu (07/02/2018).

    Forum Literasi Digital yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo itu menghadirkan narasumber Dirjen IKP Rosarita Niken Widiastuti, Sineas Garin Nugroho, Pakar Komunikasi Agus Sudibyo dan Tokoh Pers Bagir Manan.

    Dirjen IKP menyampaikan di era revolusi media, semua orang bisa menjadi konsumen sekaligus produsen berita. "Oleh karena itu, kita harus selalu periksa kebenaran dan keakuratan informasi sebelum menyebarkannya. Jangan menyebarkan informasi yang berciri-ciri hoax," pesannya.

    Pakar komunikasi Agus Sudibyo mengemukakan internet dapat menimbulkan kecanduan. Banyak yang berlebihan mengakses internet hingga 8 jam per hari hanya untuk mengakses hal yang tidak bermanfaat. Untuk itu, generasi muda perlu didorong untuk memanfaatkan internet secara sehat dan bertanggungjawab.

    Sineas Garin Nugroho menekankan perlunya budaya berpikir panjang, melakukan sesuatu dengan berorientasi pada manfaat jangka panjang. Untuk itu, dalam mengakses internet diperlukan kearifan bahwa konten yang diakses memang berguna dalam waktu lama.

    Sementara Tokoh Pers Bagir Manan mengemukakan, hoax terjadi pada lima kondisi yakni orang yang sedang bergolak jiwanya, iseng, punya ideologi tertentu, merasa terasing atau tidak berdaya, dan adanya kondisi yang membingungkan. Untuk itu, generasi muda harus dilatih agar tidak terjebak pada kondisi tersebut.

    Literasi digital diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Pers Nasional 2018. Acara dihadiri 500 peserta terdiri dari siswa SMA, mahasiswa, guru, dan karang taruna di Kota Padang. (Aak)

    Berita Terkait

    Menteri Budi Arie Setiadi Serukan Perang Semesta terhadap Judi Online

    Kominfo telah memutus akses dan/atau menghapus (takedown) sebanyak 60.582 konten perjudian online sepanjang periode 1 hingga 21 September 20 Selengkapnya

    Lewat FGA dan Diploy, Kominfo Bekali Generasi Milenial Agar Lebih Siap Kerja

    Lulusan baru atau generasi milenial bisa membekali diri mereka dengan kemampuan hard skill dan soft skill Selengkapnya

    Dorong Konvergensi Media, Menkominfo Dukung Kehadiran Publisher Rights

    Keberadaan Publisher Rights dapat menjaga keseimbangan usaha the new media dan broadcaster agar bisa hidup berdampingan. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Hasil Penilaian Laporan Keuangan Tahun 2021

    Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA