FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 01-2018

    1417

    Sejahterakan Nelayan, KKP Kerja Sama dengan Kemkominfo

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa

    JawaPos.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) guna memperkuat akses jaringan informasi (internet) di wilayah pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

    Lewat kerja sama ini, diharapkan para para petugas KKP yang bertugas saat di SKPT bisa menghasilkan kinerja kerja yang lebih baik.

    Sekretaris Jenderal KKP, Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, internet sudah menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk mendorong kinerja petugas KKP saat bekerja di SKPT yang mayoritas terletak di pulau terluar Indonesia.

    "Saya pernah ke Natuna dan disana banyak wilayah nelayan yang sulit. Kalau tidak dipasang satu sistem yang memadai, mereka tidak bisa melakukan komunikasi. Sehingga dengan adanya akses internet ini, bisa kita prioritaskan," ungkapnya, Kantor KKP Jakarta.

    Senada dengan Rifky, Sekjen Kemkominfo Farida Dwi Cahyarini mengungkapkan, kerja sama ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung penyediaan jaringan atau akses internet, khususnya di kawasan SKPT milik KKP.

    "Kami akan membantu dalam hal akses. Bantu dalam hal aplikasi untuk KKP," bebernya.

    Nantinya implementasi dari perjanjian kerja sama ini berupa penambahan Base Transceiver Station (BTS) dan penguatan jaringan akses data internet di SKPT.

    Kegiatan tersebut sebelumnya telah diujicoba pada 2017 lalu di SKPT Selat Lampa Natuna untuk mendukung kegiatan transaksi online dalam kegiatan perbankan dan akses konektivitas.

    Diketahui, kerja sama ini dilakukan dalam penandatanganan perjanjian tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi di Sektor Kelautan dan Perikanan yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto dan Sekretaris Jenderal Farida Dwi Cahyarini di Kantor KKP Jakarta, Kamis (18/01).

    Dari kerja sama ini, akan disediakan aplikasi Nelayan Pintar (Nelpin) antara KKP, Kemkominfo dan XL Axiata di wilayah pesisir pantai dan sentra nelayan untuk mendukung aktivitas nelayan saat melaut maupun memantau informasi mengenai pasar ikan.

    Lainnya, pemerintah juga akan menyediakan penggunaan frekuensi radio nelayan dan aplikasi SMS gateway untuk mengetahui informasi arah, kecepatan angin, dan tinggi gelombang. Semantara sektor pengawasan sendiri, juga akan dikembangkan Vessel Monitoring System (VMS) sebagai barang bukti elekttonik dan pelayanan otorisasi. 

    (sab/JPC)

    Sumber : https://www.jawapos.com/read/2018/01/21/182904/sejahterakan-nelayan-kkp-kerja-sama-dengan-kemkominfo

     

     

     

    Berita Terkait

    Aneka Aplikasi Bantu Penanganan Covid-19

    Pemerintah telah mengambil langkah tegas dalam memerangi penyebaran virus corona di Indonesia, salah satunya lewat teknologi informasi. Selengkapnya

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    Pesan Nilai Perjuangan-Kebersamaan dalam 4 Seri Prangko

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, pemerintah me Selengkapnya

    New Normal Hidupkan Kembali Kegiatan Ekonomi dengan Protokol Kesehatan

    Pendemi virus corona (Covid-19) telah mendorong perubahan kebijakan ekonomi dan politik dunia ke depan. Begitu juga perspektif, sikap dan pe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA