FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 01-2018

    1770

    Menkominfo Sebut Saring Sebelum Sharing

    Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani

    Memasuki pesta demokrasi lewat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di era digital seperti ini, bisa jadi rentan dengan penyalahgunaan media sosial. Penyalahgunaan itu mulai dari kampanye hitam, hoax, fitnah, hingga memainkan isu Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA).

    Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kampanye hitam umumnya terjadi di media sosial berbagai platform seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Terkait ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, hal itu bisa diantipasi dengan mengajak masyarakat untuk menyaring berbagai informasi sebelum berbagi ke media sosial.

    "Yang seharusnya diajak berpikir rasional adalah para pendukungnya. Kalau politisi sih, aman-aman saja, cair, dan bisa berkoalisi," kata Rudiantara dalam diskusi Ekonomi dan Politik tahun 2018 saat peluncuran portal berita iNews.id di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

    Menurut dia, saat ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap akurasi media sosial cenderung terdegradasi. "Maka itu, ini harus memanfaatkan akurasi media mainstream. Apalagi media sosial cenderung mengandalkan kecepatan, speed. Sementara akurasi ada di media mainstream," ujarnya.

    Oleh sebab itu, dia mengajak masyarakat lebih melaksakanan saring sebelum sharing sehingga mengurangi potensi maraknya hoax dan kampanye hitam di tahun politik.

    Selain itu, ia mengungkapkan, ada pula kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informasi dengan pihak penyelenggara Pemilu seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengantisipasi kampanye hitam.

    "Saya sudah bicara pada KPU dan Bawaslu, minggu ini dirapatkan untuk mekanisme di mana nanti pengawas pemilu bisa meminta take down akun yang melanggar aturan dari platform seperi FB dan Twitter," ucap dia.

    Editor: Ranto Rajagukguk

    Sumber: http://www.inews.id/techno/read/menkominfo-sebut-saring-sebelum-sharing

    Berita Terkait

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA