FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
08 01-2018

709

Jelang Pilkada 2018, Kominfo Mitigasi Kampanye Hitam

Kategori Berita Kementerian | anni005
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjadi pembicara dalam Diskusi Ekonomi dan Politik Tahun 2018 di MNC Center Jakarta, Senin (08/01/2018) sore.

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Kementerian Kominfo akan membantu mitigasi kampanye hitam yang mungkin terjadi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak mulai Juli 2018. Ia menjelaskan Kementerian Kominfo akan menurunkan situs dan memblokir akun media sosial yang terindikasi melakukan kampanye hitam tanpa pandang bulu.

“Kami sudah mengundang para penyelenggara platform seperti Facebook, Twitter, Google agar mereka dapat berpartisipasi menyaring konten dalam Pilkada 2018 ini. Mereka harus turut serta sesuai UU ITE agar Pilkada ini tetap berkualitas,” katanya dalam Diskusi Ekonomi dan Politik 2018 di Gedung MNC Center, Jakarta, Senin (08/01/2018) sore.

Dalam diskusi tersebut, Menteri Kominfo memaparkan pihaknya akan berkoordinasi bersama dengan Bawaslu, KPU, Kementerian Dalam Negeri serta Kapolri dan stakeholders lainnya untuk membuat mekanisme mitigasi serendah-rendahnya pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada 2018.

"Tanpa pandang bulu, aktivitas masyarakat dalam ranah publik selama masa Pilkada 2018 ini juga akan dipantau melalui mesin pengais di Kementerian Kominfo," terangnya.

 

Menurut Menteri Rudiantara, sanksi yang diberikan kepada penyebar berita palsu maupun black campaign dalam Pilkada 2018 ini akan diserahkan langsung kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kementerian Kominfo nantinya akan mengeksekusi untuk pemblokiran atau take down situs yang melanggar perundang-undangan Pilkada maupun UU ITE.

“Aturan secara teknisnya, konten apa saja yang melanggar aturan pemilihan atau tidak adalah wewenang Bawaslu bersama KPU. Tetapi, nantinya yang mengeksekusi bisa Kominfo yang bantu,” tandasnya.

Hadir dalam diskusi tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (AB)

Berita Terkait

Bentuk SDM Andal Antisipasi Dinamika IoT, Kominfo Libatkan Stakeholders

Dinamika dan perkembangan tantangan era industrial internet of things (IoT) saat ini memerlukan solusi terbaik dan antisipasi berkelanjutan Selengkapnya

Jangan Aktifkan Tethering, Agar WiFi AG2018@wifistation Tetap Berkualitas

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail melarang pengguna ponsel di kawasan Stadion Utam Selengkapnya

Kumpulkan Komunitas Kominfo, Bahas Pemulihan Jaringan dan Aksi Kemanusiaan

Pemulihan jaringan telekomunikasi yang terdampak bencana gempa 7.0 SR di Lombok, sesuai perkembangan terkini, dibahas dalam Rapat Koordina Selengkapnya

Meriahkan HUT ke-73 RI, Kominfo Gelar Pekan Olahraga dan Seni

Sejumlah perlombaan olahraga dan seni siap digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memeriahkan perayaan ke-73 Ulang Tahun Selengkapnya