FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
29 12-2017

460

Menkominfo: Masyarakat Harus Cerdas Gunakan Teknologi

Kategori Berita Kementerian | ivon001
Menkominfo Rudiantara saat memberi sambutan pada acara sarasehan yang bertajuk Silaturahmi Ngademke Ati Sareng Ulama dengan Tema "Peran Pesantren dalam Menjaga NKRI di era Digitalisasi yang dilaksanakan di Ponpes Dawam Yogyakarta, Kamis (28/12/2017). - (FBI)

Yogyakarta, Kominfo -  Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan saat ini masyarakat harus cerdas dalam menggunakan teknologi. Menurutnya perkembangan teknologi yang pesat membuat komunikasi menjadi tidak terbatas dan susah dikontrol. Pemerintah juga berupaya dengan membuat kebijakan untuk mengatur penggunaan teknologi terutama sosial media. Hal itu dimaksudkan agar dapat mengurangi pelanggaran dalam penggunaan media sosial misalnya dalam bentuk penyebaran berita bohong.

“Masyarakat adalah tokoh utama yang bisa mencegah dampak negatif perkembangan teknologi, jadi kita tidak boleh menyalahkan media sosial, namun penggunanya yang harus cerdas dalam menggunakannya,” katanya saat memberi sambutan dalam Acara Sarasehan Silaturahmi Ngademke Ati Sareng Ulama di Ponpes Dawam Yogyakarta, Kamis (28/12/2017).

Menteri Rudiantara juga memaparkan akhir tahun merupakan momentum untuk menjaga persatuan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Secara khusus, ia menyampaikan posisi, peran pemerintah, dan pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan negara.

“Ini merupakan waktu yang tepat bagi warga Indonesia untuk mendinginkan hati, bersyukur, dan tetap menjaga silaturahmi. Pemerintah tidak selalu memberi perintah, adakalanya harus meminta bantuan. Posisi pemerintah juga tidak selalu berada di atas, karena pemerintah yang baik itu adalah yang memiliki integritas dalam melayani masyarakat”, paparnya.

Ketua Penyelenggara Sarasehan Tomi Kurniawan mengatakan kegiatan itu ditujukan sebagai wadah dan sarana komunikasi antara pemerintah khususnya Kementerian Kominfo dengan alim ulama serta masyarakat. Acara yang dimulai pukul 13.30 WIB itu dihadiri sekitar 200 jamaah dari masyarakat, santri dan mahasiswa, serta tamu undangan.

"Perkembangan teknologi di Indonesia zaman sekarang sangat pesat. Para santri harus cerdas dan bijaksana dalam menggunakan teknologi terutama sosial media”, katanya.

Sebelum Sarasehan telah diselenggarakan workhsop fotografi dan pameran hasil foto bertema Peran Pesantren dalam Menjaga Keutuhan NKRI di Era Digitalisasi. (HM.YS)

Berita Terkait

Sikapi Kendala Geografis, Jasa Logistik Harus Adaptasi Teknologi

Saat ini Indonesia telah menjadi pasar terbesar e-commerce di kawasan Asia Tenggara. Tahun lalu, akibat dinamika e-commerce, kapitalisasi un Selengkapnya

Menkominfo: Refarming 2.1 GHz Selesai Lebih Cepat dari Target

Refarming 2.1 GHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler secara nasional sendiri telah dilaksanakan sejak 21 November 201 Selengkapnya

Menkominfo Tawarkan Kolaborasi Kreator Konten Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak kreator konten untuk berkolaborasi mengisi dunia digital dengan konten positif. "Di d Selengkapnya

Masa Depan di Konten, Menkominfo Minta KPI Perkuat Pengawasan

"Kita bicara konten, karena dengan digitaliasasi akan ada efisiensi dalam sumberdaya frekuensi yang terbatas. Bicara soal penyiaran yang seh Selengkapnya