FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 12-2017

    2181

    Kominfo Fokus Literasi dan Pengendalian Penggunaan Internet

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Dirjen Aptika dalam Diskusi Bareng Jurnalis di RM Talaga Sampireun, Tangerang Selatan, Senin (18/12/2017).

    Tangerang, Kominfo – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan pemerintah lebih fokus pada dua hal yaitu literasi dan pengendalian. Hal itu disampaikan Dirjen Semuel dalam Diskusi Bareng Jurnalis dengan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemkominfo, di Rumah Makan Talaga Sampireun, Tangerang Selatan, Senin (18/12/2017).

    Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan Kementerian Kominfo sekarang lebih fokus kepada dua hal, yaitu pertama pada literasi dan yang kedua pada pengendalian dalam mengantisipasi peningkatan penggunaan internet. Ia menjelaskan bahwa meningkatnya pengguna internat yang melonjak tajam adalah suatu peristiwa yang tidak bisa dihindari pada era digital seperti sekarang ini.

    “Pada tahun lalu pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta dan melonjak tajam menjadi 243,7 juta pengguna internet sekarang ini. Pada umumnya pengguna internet lebih percaya kepada berita yang ada didalamnya ada hoax, berita bohong, Saracen dan kejahatan di dunia maya,” ujarnya.

    Dengan makin banyaknya pengguna internet, ancaman konten negatif seperti hoax, bullying, radikalisme, pornografi, dan pelanggaran privasi juga cenderung makin meningkat. Kementerian Kominfo menginisiasi Program Melek Internet di kalangan masyarakat selama tiga tahun ke depan. Tak hanya itu, tugas Ditjen Aptikasi dan Informatika juga berkaitan dengan literasi dan pengendalian.

    "Semua menjadi kekhawatiran di dunia maya. Literasi digital merupakan kunci untuk mengatasi persoalan tersebut. Dampak teknologi tanpa literasi bisa mengakibatkan keresahan di masyarakat, di mana konten bisa difabrikasi itu berbahaya sekali. Maka kita literasi masyarakat supaya penggunaan internet itu produktif. Teknologi bukan pengendali tapi manusianya adalah pengendali,” papar Dirjen Semuel.

    Lebih lanjut, Dirjen Aptika menjelaskan literasi digital yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo berlangsung dari hulu ke hilir. "Di hulu, Kominfo lakukan edukasi, literasi digital. Sedangkan di tengahnya ada pendampingan yang berkelanjutan oleh komunitas. Dan dibagian, di hilirnya berupa penegakkan hukum," jelasnya.

    Pada acara tersebut hadir Plt Kepala Biro Humas Noor Iza, Kabag Publikasi H. Ahmad Nizar, serta 40 orang wartawan dari media cetak, media elektronik, media online serta pegawai Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo. (APW).

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA