FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
19 12-2017

760

Menkominfo Apresiasi Digitalisasi Transaksi UMKM di Pasar Rakyat

Kategori Berita Kementerian | ivon001
Menkominfo Rudiantara, beserta Gubernur Jakarta dan Wakil Gubuernur Jakarta berpose di depan awak media saat menghadiri Peluncuran Program Jak-Mikro di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi digitalisasi sistem pembayaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di pasar rakyat. Hal itu disampaikannya dalam sambutan Peresmian Pasar Rakyat & UMKN Go Digital di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

Menteri Rudiantara menghargai kerja bersama JAKmikro (www.jakmikro.com) dan T-CASH, PD Pasar Jaya, Kamar Dagang Industri (KADIN) Indonesia, dan KADIN Jakarta memperkenalkan inisiatif digitalisasi UMKM.

“Saya apresiasi Telkomsel dan Jak-Mikro untuk mendorong transaksi murah dan mudah bagi UMKM. Apalagi tahun 2015 mendatang dengan perkembangan teknologi yang pesat, transaksi tidak lagi melalui kartu tapi menggunakan ponsel,” tuturnya.

Menurut Menteri Kominfo, Program Jak-Mikro bisa membantu pemerintah pusat dalam mendata jumlah UMKM secara cepat. “Kami punya Program Digitalkan 8 juta UMKM pada 2020, tapi tidak ada yang memiliki jumlah pasti, ada yang bilang 50 juta UMKM itu belum valid kebenarannya. Program ini tentu membantu pemerintah dalam membangun basis data jumlah UMKM se-Indonesia,” ungkapnya.

Menteri Rudiantara menegaskan perkembangan teknologi dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk bertransaksi dan menambah pengetahuan mereka. Ia menyontohkan dengan menggunakan pentol merah atau NFC seperti tcash mempermudah transaksi nontunai.

“Artinya begini, kita tentunya berharap penggunaan uang yang lembaran apalagi yang koin itu perlu dan cepat karena setiap transaksi tentunya ingin dipermudah dengan ponsel dan memang banyak payment system yang diijinkan Bank Indonesia antara lain yang menggunakan kartu. Bahkan bantuan dari pemerintah pun yang nontunai juga masih menggunakan kartu, dengan menggunakan Tcash ini juga sebetulnya lebih mudah dan cepat karena penggunaan layanan ini amat mudah, cukup menempelkan sticker NFC ke ponsel, mengaktifkan layanan, dan pelanggan dapat melakukan ‘TAP’ di mesin NFC merchants. Transaksi TCASH pun sangat aman karena menggunakan PIN 6 digit PIN dan berapa merchant telah menggunakan layanan TCASH ini,” terangya.

Acara peluncuran Program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat melalui Digitalisasi UMKM www.jakmikro.com tersebut, dihadiri Gubernur DKI, Wakil Gubernur DKI, Kadin DKI, Dirut Telkomsel, Dirut Pasar jaya Sesmen UMKM dan Koperasi, Ketua Bidang UMKM Kadin Indonesia, serta Ketua Kadin Indonesia Ekraf. (HM.YS)

Berita Terkait

Menko Luhut Apresiasi Dukungan Tim ICOM untuk Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018

Menjelang berakhirnya Ajang Annual Meetings International Monetary Fund-World Bank Group (AM IMF-WBG) 2018, Ketua Panitia Nasional Luhut B P Selengkapnya

Menkominfo Agendakan Bicara Soal Ekonomi Digital dalam AM IMF-WBG 2018

Dalam perhelatan Annual Meeting IMF-WBG 2018, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan mengisi sesi dialog khusus New Economy Tal Selengkapnya

Fasilitasi Start Up Digital, Indonesia Tercatat di Peta Digital Dunia

Menkominfo Rudiantara menyatakan saat ini Indonesia ada dalam peta digital dunia. Apalagi, Pemerintah telah menegaskan target untuk menjadi Selengkapnya

Pemanfaatan Laju Ekonomi Digital Bisa Tekan Angka Gini Ratio

Pemanfaatan kemajuan ekonomi digital di dunia saat ini dianggap bisa mempengaruhi menurunnya angka gini ratio (kesejangan ekonomi dan sosial Selengkapnya