FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 12-2017

    2412

    Menkominfo Apresiasi Digitalisasi Transaksi UMKM di Pasar Rakyat

    Kategori Berita Kominfo | ivon001
    Menkominfo Rudiantara, beserta Gubernur Jakarta dan Wakil Gubuernur Jakarta berpose di depan awak media saat menghadiri Peluncuran Program Jak-Mikro di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi digitalisasi sistem pembayaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di pasar rakyat. Hal itu disampaikannya dalam sambutan Peresmian Pasar Rakyat & UMKN Go Digital di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

    Menteri Rudiantara menghargai kerja bersama JAKmikro (www.jakmikro.com) dan T-CASH, PD Pasar Jaya, Kamar Dagang Industri (KADIN) Indonesia, dan KADIN Jakarta memperkenalkan inisiatif digitalisasi UMKM.

    “Saya apresiasi Telkomsel dan Jak-Mikro untuk mendorong transaksi murah dan mudah bagi UMKM. Apalagi tahun 2015 mendatang dengan perkembangan teknologi yang pesat, transaksi tidak lagi melalui kartu tapi menggunakan ponsel,” tuturnya.

    Menurut Menteri Kominfo, Program Jak-Mikro bisa membantu pemerintah pusat dalam mendata jumlah UMKM secara cepat. “Kami punya Program Digitalkan 8 juta UMKM pada 2020, tapi tidak ada yang memiliki jumlah pasti, ada yang bilang 50 juta UMKM itu belum valid kebenarannya. Program ini tentu membantu pemerintah dalam membangun basis data jumlah UMKM se-Indonesia,” ungkapnya.

    Menteri Rudiantara menegaskan perkembangan teknologi dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk bertransaksi dan menambah pengetahuan mereka. Ia menyontohkan dengan menggunakan pentol merah atau NFC seperti tcash mempermudah transaksi nontunai.

    “Artinya begini, kita tentunya berharap penggunaan uang yang lembaran apalagi yang koin itu perlu dan cepat karena setiap transaksi tentunya ingin dipermudah dengan ponsel dan memang banyak payment system yang diijinkan Bank Indonesia antara lain yang menggunakan kartu. Bahkan bantuan dari pemerintah pun yang nontunai juga masih menggunakan kartu, dengan menggunakan Tcash ini juga sebetulnya lebih mudah dan cepat karena penggunaan layanan ini amat mudah, cukup menempelkan sticker NFC ke ponsel, mengaktifkan layanan, dan pelanggan dapat melakukan ‘TAP’ di mesin NFC merchants. Transaksi TCASH pun sangat aman karena menggunakan PIN 6 digit PIN dan berapa merchant telah menggunakan layanan TCASH ini,” terangya.

    Acara peluncuran Program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat melalui Digitalisasi UMKM www.jakmikro.com tersebut, dihadiri Gubernur DKI, Wakil Gubernur DKI, Kadin DKI, Dirut Telkomsel, Dirut Pasar jaya Sesmen UMKM dan Koperasi, Ketua Bidang UMKM Kadin Indonesia, serta Ketua Kadin Indonesia Ekraf. (HM.YS)

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA