FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 12-2017

    2107

    Palapa Ring dan Keberpihakan Wujudkan Open Government

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Menkominfo Rudiantara dalam Ministrial Roundtable Asia Pacific Leaders Forum on Open Government di Jakarta, Kamis (14/12/2017). - (recha/wieke)

    Jakarta, Kominfo – Proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional Palapa Ring merupakan salah satu bentuk kebijakan keberpihakan pemerintah agar seluruh daerah di Indonesia dapat turut berpartisipasi dalam keterbukaan pemerintah (open government).

    “Palapa Ring harus selesai Tahun 2019, dengan begitu seluruh daerah di Indonesia akan tersambung melalui broadband. Ini salah satu bentuk affirmative policy pemerintah agar seluruh daerah di Indonesia dapat turut berpartisipasi dalam open government” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam Ministrial Roundtable Asia Pacific Leaders Forum on Open Government di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (14/12/2017).

    Lebih lanjut di depan para perwakilan negara yang hadir dalam Ministrial Roundtable tersebut, Menteri Rudiantara menjelaskan Proyek Palapa Ring dibangun untuk menjangkau daerah-daerah yang tidak feasible secara bisnis. “Indonesia adalah negara kepulauan, dan konstruksi TIK-nya dilaksanakan oleh sektor swasta, bukan pemerintah ataupun BUMN. Namun untuk daerah yang tidak feasible secara bisnis, pemerintah ambil alih,” jelasnya.

    Menteri Kominfo menjelaskan bahwa ia mendukung transparansi dalam proses perumusan Peraturan Menteri. “Saya ingin adanya kedekatan yang inklusif antara pemerintah dengan stakeholders dan pihak-pihak yang merepresentasi publik. Di Kominfo, saya tidak akan menandatangani Peraturan Menteri jika belum melewati proses konsultasi publik,” paparnya.

    Asia Pacific Leaders Forum on Open Government 2017 ini merupakan forum dialog internasional yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS bersama Kantor Staf Presiden RI. Acara itu dihadiri perwakilan pimpinan dari 14 negara anggota Open Government Partnership (OGP) se-Asia Pasifik. Ajang APLF itu diisi dengan berbagai sesi dialog yang membahas peran keterbukaan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, kepercayaan publik pada pemerintah, serta perannya dalam dalam pertumbuhan ekonomi dan menurunkan tingkat kemiskinan. (VY)

    Berita Terkait

    Jaga Kemandirian dan Kebebasan Pers, Dirjen IKP: Butuh Komitmen Bersama

    Dirjen Usman Kansong menegaskan bahwa tantangan teknologi, bisnis media dan jurnalisme harus dilewati dalam bingkai kemandirian dan kebebasa Selengkapnya

    Menkominfo: Jadikan Teladan dan Inspirasi Wujudkan Transformasi Digital

    Menteri Johnny mengharapkan agar upaya penerima Satyalancana Wira Karya dapat menjadi teladan bagi seluruh insan komunikasi dan informatika. Selengkapnya

    Tahap I ASO, Kominfo dan Penyelenggara Mux Siapkan 3,2 Juta STB Gratis

    Dari total 3.202.503 unit kebutuhan STB untuk RTM ASO Tahap I, pemerintah menyediakan 87.310 unit. Selengkapnya

    Sumbar Tolak dan Kembalikan Bantuan Menag? Itu Disinformasi!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim itu menyesatkan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA