FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2017

    2148

    Kunjungi Kominfo, 100 Siswa SMK Belajar Tentang TIK dan Kebijakan

    Kategori Berita Kominfo | ivon001
    Kepala Sub Bagian Tata usaha, Bagian Pelayanan Informasi Biro Hubungan Masyarakat Setjen Kementerian Kominfo, Sugeng Pramono, memaparkan tentang makna dari Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika di hadapan para Siswa/i SMK 1 Pasundan Cimahi, bertempat Ops Room Kementerian Komunikasi dan informatika, Jakarta, Selasa (22/08/2017).

    Jakarta, Kominfo – Sebanyak 100 siswa SMK 1 Pasundan, Cimahi, Bandung bertandang ke Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017). Kepala Laboratorium dan TKJ SMK 1 Pasundan Cimahi Sugeng Pranoto menuturkan kunjungan itu dimaksudkan untuk silahturahmi sembari memahami Program Kerja Kementerian Kominfo. “Teknologi IT sekarang ini sudah semakin canggih sehingga para siswa perlu diberikan pemahaman luas agar termotivasi dan mendapatkan bekal untuk bekerja di bidangnya nanti," ujarnya.

    Rombongan dari Jawa Barat itu diterima Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro Hubungan Masyarakat Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Sugeng Pramono. Bertempat di Ops Room, Gedung Utama, siswa SMK yang didampingi 9 guru itu banyak mengemukakan pertanyaan mengenai Kementerian Kominfo. Ada beberapa pertanyaan menarik, salah satunya mengenai logo Kementerian Kominfo. Tiga orang siswa menanyakan makna logo yang menjadi ciri khas Kementerian Kominfo. Sugeng menjelaskan bahwa logo itu dirancang tim desainer dari Pos Indonesia dan Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Kominfo. Logo itu merupakan bentuk stilir dari keong yang digunakan masyarakat di kawasan Indonesia Timur sebagai alat komunikasi. “Selain itu memiliki arti 3C, yaitu communication, computer, dan content,” jelasnya.

    Sugeng Pramono menjelaskan Empat Program Kerja Kementerian Kominfo mulai dari Broadband Plan yaitu Proyek Pengembangan Palapa Ring, Roadmap e-Commerce termasuk e-government, Digitalisasi Penyiaran, Program SKKNI, dan Program Government Public Relations. Sugeng juga menjelaskan isu yang sangat dekat dengan pelajar yaitu social media. Siswa banyak bertanya mulai dari seputar perangkat lunak, aplikasi, kecepatan internet, sampai teknologi terbaru yaitu 5G. 

    Kasi Penerapan Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Informatika Sonny Hendra Sudaryana menjelaskan target Pemerintah untuk menggerakkan  peluncuran 1.000 start up yang mampu berkompetisi pada level internasional hingga 2020 nanti. Sonny memaparkan rencana dan kebijakan Kementerian Kominfo yaitu Palapa Ring yang akan menyatukan seluruh kabupaten/kota se-Indonesia menggunakan jaringan fiber optic, serta membahas tentang penggunaan Internet Sehat.

    ”Kalau internet bisa diakses oleh semua orang dan kita tidak bisa memberikan pembekalan kepada anak-anak kita, yang ada mereka bisa mengakses hal-hal yang tidak produktif. Oleh Karena itu, kita perlu memberikan program guideline ke anak-anak untuk bisa akses di website-website mana saja dan kemudian kita buat agar penggunaannya bisa lebih bermanfaat,” paparnya seraya memberikan pemahaman dasar tentang tugas setiap satuan kerja di Kemkominfo.

    Menutup acara, Kasubag TU Biro Humas Sugeng menyampaikan harapan agar kunjungan ini dapat memberikan tambahan ilmu dan dapat memotivasi para siswa untuk terus belajar, terutama agar mampu bersaing di era pasar bebas. "Karena itulah kegiatan sertifikasi sangat penting sebagai sarana meningkatkan SDM di Indonesia agar tidak kalah dengan tenaga kerja asing. Pesatnya pertumbuhan dunia periklanan, kehumasan, penyiaran dan distribusi konten digital via media sosial menjadikan kebutuhan akan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin besar,” pungkasnya. Acara ditutup dengan pertukaran cinderamata serta foto bersama. (HM.YS)

    Berita Terkait

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Dukung Pemilu 2024 Inklusif, Kominfo Fasilitasi Sulih Bahasa Isyarat Debat Capres dan Cawapres

    Pemerintah memastikan setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pemilihan politik Pemilu 2024. Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA