FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 12-2017

    1855

    Bukalapak Masuk Kategori Startup Unicorn

    Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
    Kantor Bukalapak.com di Jakarta.

    Marketplace Bukalapak masuk sebagai salah satu perusahaan rintisan atau startup Unicorn. Dengan masuknya Bukalapak sebagai startup Unicorn, maka total ada empat startup Indonesia yang valuasi (nilai jual) di atas US$1 miliar (Rp13,3 triliun).

    Keempatnya adalah Gojek, Traveloka, Tokopedia, serta Bukalapak. Namun, ketika VIVA mencoba mengkonfirmasi lebih lanjut kepada pihak Bukalapak, tidak ada yang mau berkomentar terkait hal itu.

    Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara membenarkan kabar bahwa Bukalapak masuk sebagai startup Unicorn.

    "Iya (Bukalapak Unicorn). Saya belum tahu jumlah transaksinya berapa, mereka yang men-declare sudah Unicorn. Dua atau tiga minggu yang lalu," kata Rudiantara di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat, 8 Desember 2017.

    Pemerintah menargetkan sampai 2019 akan lahir lima startup Unicorn dari Indonesia. Tapi, hingga akhir 2017 sudah ada empat Unicon.

    "Saya yakin tahun 2019 lebih dari lima (startup Unicorn). Karena, faktornya tidak ditentukan pemerintah namun tergantung transaksi. Pemerintah memberi iklim yang kondusif atas investasi," jelas Rudiantara.

    Ia menambahkan andai saja mendorong startup lokal menjadi besar maka pemerintah menerbitkan ketentuan DNI. Sehingga, membuka platform digital Indonesia sebagai tujuan menggaet investasi dari luar tapi juga mendorong investor lokal agar berinvestasi.

    "Kebijakan tersebut dituangkan dalam Perpres No.74/2017," tutur Rudiantara.

    Sumber: http://www.viva.co.id/digital/startup/985902-bukalapak-masuk-kategori-startup-unicorn

    Berita Terkait

    Kominfo fasilitasi akselerasi startup lewat Startup Studio Indonesia

    Setelah menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada 2016 dan Nexticorn pada 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominf Selengkapnya

    Buku Jagat Digital Ajak Masyarakat Berpikir Kritis

    Anggota Dewan Pers (2019-2022) Agus Sudibyo meluncurkan buku berjudul Jagat Digital – Pembebasan dan Penguasaan. Buku terbitan Kepustakaan Selengkapnya

    Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Rudiantara: Tambah Unicorn

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap Program Ignite The Nation Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dapat menciptakan uni Selengkapnya

    Rudiantara Klaim Indonesia Sebagai Surga Bagi Startup

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, Indonesia dan Asia Tenggara merupakan bagian penting dari tumbuh pesatnya startup Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA