FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 12-2017

    2371

    Dirjen IKP Imbau Kepala Desa Kembangkan Literasi Digital

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Pembukaan Sosialisasi 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK “Membangun Desa, Desa Membangun” oleh Direktur Jenderal IKP, R. Niken Widiastuti dengan pemukulan gong di Gedung DPRD Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (10/12/2017).

    Tasikmalaya, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatia R. Niken Widiastuti mengimbau kepada 351 kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya yang hadir dalam Sosialisasi 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK “Membangun Desa, Desa Membangun” agar dapat memberikan literasi digital kepada masyarakatnya. Dalam sambutannya, Dirjen Niken memberikan arahan agar setiap informasi positif harus dapat disebarkan melalui media sosial.

    “Banyak informasi yang disebarkan melalui internet bukanlah informasi positif. Untuk itu, bapak dan ibu kepala desa perlu memberikan literasi digital kepada masyarakat bahwa menggunakan internet khususnya penggunaan media sosial itu lebih diharapkan untuk hal-hal positif,” katanya dalam Pembukaan Sosialisasi di Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (10/12/2017) pagi.

    Selain itu, Dirjen IKP menyarankan kepala desa terus mengoptimalisasikan dana desa untuk pembangunan infrastruktur jaringan internet, khususnya melalui Program Kementerian Kominfo yaitu Desa Broadband Terpadu. Ia menekankan salah satu tujuan penyediaan akses internet untuk mensejahterakan masyarakat desa di Kabupaten Tasikmalaya dengan memasarkan produknya melalui jaringan internet.

    “Banyak sekali informasi yang bisa kita sampaikan dan sebarkan seperti informasi-informasi positif. Selain itu, adanya produk-produk lokal Tasikmalaya seperti membuat olahan susu ataupun hasil peternakan maupun hasil pertanian hingga promosi pariwisata lokal bisa dipasarkan melalui media sosial," ungkapnya.

    Meskipun demikian, Dirjen Niken Widiastuti meminta kepada kepala desa agar lebih berhati-hati dan waspada menggunakan sosial media karena sejumlah oknum kerap menyebarkan hal-hal negatif seperti hoaks hingga ujaran kebencian. Oleh karena itu, ia menkankan agar literasi digital ini dapat diterapkan kepala desa untuk masyarakatnya masing-masing. "Namun, perlu juga bapak/ibu hati-hati karena banyak aliran yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD melalui media sosial tersebut,” tuturnya.

    Pembukaan Sosialisasi 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK “Membangun Desa, Desa Membangun” ditandai dengan pemukulan gong oleh Dirjen IKP Niken Widiastuti. Acara itu juga dihadiri beberapa pejabat yang hadir dalam kesempatan antara lain Bupati Kab. Tasikmalaya, Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Direktur BP3TI, Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya, Staf Khusus Kantor Staf Presiden serta disaksikan langsung oleh 351 tamu undangan yang merupakan Kepala Desa sekitar Kab. Tasikmalaya. (ABP)

    Berita Terkait

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA