FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 12-2017

    1409

    Digandeng Pemerintah, VNL Sediakan Koneksi Broadband di Kawasan Indonesia TImur

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Vihaan Networks Limited (VNL), penyedia peralatan dan telekomunikasi asal India, membuka layanan teknologi yang bisa menjangkau daerah pedesaan di kawasan Indonesia Timur.

    Perusahaan ini terlibat dalam program pengembangan konektivitas broadband yang dicanangkan pemerintah Indonesia.

    Direktur Pengembangan Bisnis VNL, Karun Kapil menjelaskan kerja sama yang terjalin dengan dengan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), merupakan bagian program Universal Service Obligation (USO).

    Nantinya, VNL akan menyediakan BTS di daerah-daerah terpencil yang masih jauh dari jangkauan konektivitas.
    Manajemen VNL membeberkan lebih lanjut, pihaknya tak hanya membangun BTS, namun juga mengoperasionalkannya.
    Pembangunan BTS tersebut memakan waktu sekitar 5 sampai 7 tahun dan VNL bakal menggunakan sekitar 70% sampai 80% konten lokal.
    Sebagai gambaran, program USO merupakan program penyediaan menara seluler atau BTS ataupun internet akses ke daerah - daerah terpencil di wilayah Indonesia.
    Shashwat Nagpal, Kepala Pemasaran & Komunikasi VNL menambahkan jaringan yang dibangun nantinya bergantung pada permintaan pemerintah, apakah ingin fokus pada 4G ataupun 3G.
    Namun ia memastikan VNL ingin membantu pemerintah Indonesia untuk membuat konektivitas seluler dan broadband di wilayah pedesaan.
    Ketika ditanya berapa nilai investasi yang diperlukan untuk membangun BTS tersebut, manajemen VNL belum bisa menjelaskan angka secara detail.
    Namun sampai tahun 2018, pihaknya menargetkan bisa menjangkau 2.000 desa di seluruh wilayah Indonesia yang membutuhkan konektivitas.
    "Sampai tahun 2018 nanti, kami menargetkan 2.000 konektivitas bisa diimplementasikan di kawasan Timur Indonesia, seperti Sulawesi Kalimantan, dan Papua melalui program Kominfo itu," ujar Shashwat, Rabu (6/12/2017).
    Sebagai tambahan, salah satu perusahaan operator yang telah menggunakan jasa VNL adalah PT XL Axiata Tbk. Perusahaan berkode saham EXCL di Bursa Efek Indonesia itu telah memperluas konektivitas ke 33 desa terpencil melalui penyediaan BTS di Papua dan Sulawesi Barat. 
    Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/12/07/digandeng-pemerintah-vnl-sediakan-koneksi-broadband-di-kawasan-indonesia-timur

    Berita Terkait

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA