FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 12-2017

    1415

    Aturan Bisnis Google Cs Terbit Akhir Tahun

    Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
    Ilustrasi: (Foto: Reuters)

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan Peraturan Menteri (Permen) tentang bisnis Over the Top (OTT) asing di Indonesia segera terbit. Diharapkan aturan yang akan mengatur bisnis Google Cs ini keluar di akhir tahun 2017.

    "Masalah OTT nanti akan keluar Peraturan Menteri Kominfo tentang OTT. Saya berharap sebelum akhir tahun. Tahun ini," katanya ketika ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

    Kata dia, pihaknya sudah beberapa kali melakukan konsultasi publik yang tidak hanya meliputi dalam negeri. Terkait OTT asing juga dilibatkan di dalamnya sehingga diharapkan terbitnya Permen tidak molor.

    "Kan sudah konsultasi publik ke mana-mana, bahkan bukan hanya publik Indonesia tapi para OTT sendiri sudah dilibatkan," jelasnya.

    Jelas dia, ada 3 poin penting yang dimuat dalam Permen tersebut, antaranya mengenai pendirian kantor di Indonesia oleh OTT asing, persaingan usaha yang berimbang dan perpajakan.

    "(Intinya), satu, kenapa harus ada presensi (keberadaan) di sini? untuk customer service. Kedua, hak kewajiban, level playing field. Ketiga, mengaddress masalah fiskal masalah pajak
    itu intinya," jelasnya.

    Sekadar diketahui, terkait perpajakan perusahaan OTT asing, Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi yang baru saja pensiun mengatakan, pemerintah tidak akan berhenti dalam mengejar kewajiban perpajakan perusahaan OTT.

    Perusahaan OTT sendiri adalah perusahaan penyedia layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. Ken menjelaskan, perusahaan-perusahaan tersebut telah sepakat untuk tunduk kepada peraturan perpajakan yang berlaku.

    "Perusahaan OTT, soal tarif sama, tarif PPh biasa normal, apakah perusahaan lain mengikuti iya dong, kan banyak perusahaan lain, dan mereka sudah sepakat dan sudah on going, tahap finalisasi," ujarnya di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, akhir November.

    Sumber: https://economy.okezone.com/read/2017/12/07/320/1826957/aturan-bisnis-google-cs-terbit-akhir-tahun

    Berita Terkait

    Bulan Ini, Kominfo dan Google Cloud Akan Bangun Data Center

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Google Cloud wilayah Asia Pasifik akan mulai membangun pusat data (data center) non-pe Selengkapnya

    Aturan sertifikasi elektronik segera keluar

    Selengkapnya

    Operator Kejar Bisnis Solusi

    Jakarta - Implementasi solusi internet of things memberikan peluang bagi operator seluler untuk membangun bisnis solusi sebagai nilai tambah Selengkapnya

    Kominfo Janjikan Regulasi IoT Terbit Akhir 2018

    Indonesia mulai memasuki era Internet of Things (IoT) di mana segala perangkat akan tersambung lewat koneksi internet. Operator seluler juga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA