FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
23 11-2017

639

Menkominfo Apresiasi Semangat Egaliter Festival Media 2017

Kategori Berita Kementerian | noor.iza

Surakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi Festival Media yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sebagai wahana egaliter berkaitan dengan perkembangan teknologi internet dan media sosial.

“Selamat kepada AJI yang menyelenggarakan acara dengan baik, terutama dengan semangatnya yang egaliter,” katanya mengawali pidato pembukaan Festival Media 2017 di Grha Solo Raya, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (23/11/2017).

Festival Media 2017 mempertemukan kalangan media dan jurnalis dengan publik untuk memantau perkembangan media, kebebasan berekspresi, dan demokrasi di Indonesia. Festival Media kali ini mengangkat tema “Jurnalisme Damai, Jurnalisme Keberagaman”. Rangkaian seminar, workshop, lomba, dan pemutaran film digelar selama pelaksanaan festival. Berbagai stand pameran dan foto juga  menyajikan informasi dinamika media di Indonesia. 

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menurut Menteri Rudiantara menjadi garda depan menjaga independensi kalangan jurnalis.

“Saya sangat menghormati independensi jurnalis. AJI sebagai lembaga bersama yang menjaga indepensi secara bersama-sama,” tegasnya.

Menteri Kominfo menekankan dinamika masyarakat di tengah kemajuan teknologi internet, media sosial dan demokrasi menuntut kesadaran maupun kewaspadaan semua pihak. Kemajuan teknologi menjadi pendorong kemajuan masyarakat melalui diseminasi informasi dan berita. Namun, tidak dapat dimungkiri ada potensi dampak negatif berupa penyebaran konten negatif. “Kita punya kepentingan yang sama yaitu memerangi penyebaran konten negatif seperti hoax dan lain-lain,” tandasnya.

Menteri Kominfo berharap jurnalis Indonesia turut mendukung penyebaran konten positif dan bersama lebih dari 50 lembaga dan komunitas bekerja dalam Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. "Mari kita dukung upaya bersama ini, dan selamat kepada AJI," pungkasnya.

Berita Terkait

Menkominfo Ajak Penyelenggara Telekomunikasi Kembangkan Ekonomi Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika mendorong perusahaan operator telekomunikasi untuk mendukung perkembangan start up digital dan meningkatk Selengkapnya

Kominfo Jamin Keandalan Akses Telekomunikasi dalam Asian Games 2018

"Fokus kami bukan cuma di pertandingan tapi juga di acara pembukaan dan penutupan di stadion GBK. Sebab perhatian terbanyak biasanya di pemb Selengkapnya

Menkominfo: Indonesia Butuh Coder dan Ahli Big Data Analysis

Indonesia membutuhkan banyak sumberdaya manusia untuk menjadi coder dan ahli big data analysis. Oleh karena itu Menteri Komunikasi dan Info Selengkapnya

Menkominfo Pastikan Kesiapan Sistem TI Asian Games

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan sistem teknologi informasi (TI) untuk Asian Games 2018 sudah siap, set Selengkapnya