FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 11-2017

    2347

    Deklarasi Hari Bersepeda Nasional Tanggal 19 November akan disampaikan ke Presiden

    Kategori Berita Pemerintahan | ivon001
    Pencanangan Hari Bersepeda Nasional akhirnya telah dideklarasikan setiap tanggal 19 November. Pencanangan ini bertepatan dengan berakhirnya Program Gowes Pesona Nusantara 2017 yang berakhir di kabupaten ke-90 di Sragen, Jawa Tengah, Minggu (19/11) siang.(foto:egan/kemenpora.go.id)

    Sragen, Kominfo - Pencanangan Hari Bersepeda Nasional akhirnya telah dideklarasikan setiap tanggal 19 November. Pencanangan ini bertepatan dengan berakhirnya Program Gowes Pesona Nusantara 2017 yang berakhir di kabupaten ke-90 di Sragen, Jawa Tengah, Minggu (19/11) siang.

    Menurut Menpora, Pencanangan ini menjadi momentum penting, deklarasi dari perwakilan komunitas se-Indonesia menjadi masukan penting Menpora yang akan meneruskan hal itu kepada Presiden untuk diberikan payung hukum berupa Keputusan Presiden (Keppres).

    Menpora berharap selain bergowes menyehatkan juga menjadi ajang silaturahmi dan perekat bangsa. "Bersepeda telah dicontohkan para pendahulu dan pejuang bangsa selain menyatukan bangsa dapat merangkai keberbedaan, saat ini kita ulangi dan kembangkan lagi," ujarnya didampingi Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Staf Ahli Yuni Poerwanti.

    Pihaknya akan segera menyampaikan kepada Presiden terkait deklarasi dari perwakilan komunitas sepeda dari seluruh nusantara. "Dorongan dari komunitas bersepeda dalam penetapan HBN kepada saya akan segera di sampaikan kepada Bapak Presiden untuk menjadi ketetapan bersama semoga akan ada Inpres atau Keppres atau cukup menjadi turunan dari sebuah Inpres tentang Germas yaitu mungkin Menpora menetapkan hari bersepeda atau sebagainya," ujarnya.

    Momentum ini lanjutnya sebagai tindak lanjut atas kebiasaan Presiden membagikan sepeda kepada masyarakat. "Ini merupakan _follow up _ terkait kebiasaan Bapak Presiden membagi-bagikan sepeda. Dengan bersepeda secara nasional kita coba tetapkan satu hari bersepeda nasional, pimpinan daerah harus memberi contoh baik melalui peraturan bupati atau lainnya," pesannya.

    Salah satu cabang di Olimpiade Rio de Jeneiro adalah sepeda, untuk itu menurutnya pemasalan dan prestasi olahraga bersepeda harus berjalan seimbang. Sebelum deklarasi ini juga dilakukan penyerahan sepeda Marta Murpeni salah satu atlet Gowes Pesona Nusantara 2017 yang digunakan bergowes untuk disimpan di Museum Olahraga TMII. Sepeda ini juga mencetak rekor Muri karena telah digunakan menempuh jarak 5.124 km mengelilingi nusantara.
    Sumber:
    http://www.kemenpora.go.id/index/preview/berita/11969

    Berita Terkait

    Presiden Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan kepada para Tokoh

    Acara penganugerahan gelar pahlawan nasional dan tanda kehormatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo beserta Selengkapnya

    Pemerintah Perpanjang Pemberian Bantuan Beras Hingga Juni 2024

    Zulkifli juga mengatakan bahwa stok beras pemerintah yang ada saat ini masih dalam kondisi aman. Selengkapnya

    Perkuat Ekosistem Syariah Berbasis Digital, Wapres Tekankan 4 Poin Penting

    Fintech bisa mendorong percepatan inklusi keuangan syariah, sekaligus perluasan ekosistem ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan, t Selengkapnya

    Pemerintah Tetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

    Sebelum ditetapkannya keputusan bersama tersebut, ketiga menteri mengikuti rapat yang dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA