FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2017

    2603

    Menkominfo Tantang Pemda Padukan Pariwisata dan Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Mataram, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menantang pemerintah daerah mengembangkan ekonomi pariwisata dengan memanfaatkan teknologi digital. "Salah satu jualan dan penggerak ekonomi nasional adalah pariwisata. Tugas kita sekarang bagaimana mengawinkan pariwisata dan digital," katanya dalam Diskusi Manajemen Komunikasi Pemerintah di Era Digital di Mataram, NTB, Jumat (17/11/2017).
    Penggunaan teknologi digital dalam pariwisata dinilai Menteri Kominfo sebuah keniscayaan. "Kalau dulu di daerah NTB ada pendapatan dari Newmont kini sekarang berbeda, yang jadi ujung tombak ekonomi adalah pariwisata," katanya.
    Menteri Rudiantara menunjukkan bagaimana Menteri Pariwisata Arief Yahya memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata dalam perekonomian nasional.  "Dalam konteks ekonomi pariwisata, tadi dibahas bagaimana mengomunikasikan produk pariwisata," jelasnya.
    Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkap strategi komunikasi kementerian untuk memanfaatkan teknologi  digital. Hasilnya bisa meningkatkan kontribusi sektor pariwisata sebesar 25%.
    Secara khusus, Menteri Kominfo mendukung upaya memadukan pariwisata dengan digital dengan menyediakan infrastruktur digital di Indonesia. "Tugas saya memastikan infrastruktur digital ada di kawasan pengembangan wisata ini.  Sekalipun kamar hotelnya sederhana saya ingin memastikan internetnya kenceng," katanya seraya menyebut akses internet akan memudahkan aktivitas para pelancong.
    Dalam penggunaan teknologi, Menteri Rudiantara mengingatkan adanya Perpres 91/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. "Nanti Januari harus terintegrasi dalam satu laman. Intinya memberikan kemudahan dalam perizinan berusaha. Pada bulan harus dijadikan layanan terintegrasi," jelasnya.
    Menteri Kominfo menekankan agar pemerintah memberi ruang dan keleluasan dalam hal regulasi. "Di Kominfo untuk buat aplikasi tak perlu izin, cukup daftar. Kasih ruang untuk anak bangsa berkreasi. The good regulation is less regulations," tandasnya.
    Tak hanya itu, Menteri Rudiantara juga mendorong pemerintah daerah untuk memanfaatkan semua kanal komunikasi, terutama media sosial. "Komunikasi itu cuma dua, ada kanal dan apa yang dikomunikasikan. Kita sekarang bisa memanfaatkan media sosial ada Gen-PI kalau di pariwisata," jelasnya.*

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Awas Hoaks! Kontrol Penyakit, WHO Lakukan Pengawasan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, informasi yang beredar tersebut merupakan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA