FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2017

    4358

    Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online

    KategoriSorotan Media | Ayu Yuliani
    Pemerintah menggagas 8 juta UMKM bakal go online pada 2019 mendatang. Saat ini, jumlah UMKM di Indonesia sebanyak 59,2 juta pelaku. (CNN Indonesia/Safir Makki).

    Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta.

    Untuk menumbuhkan jumlah pelaku UMKM yang berselancar di dunia maya, Kemenkop UKM dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama dengan para pelaku e-commerce menggagas program bertajuk 8 Juta UMKM Go Online.

    Lewat kerja sama ini, pemerintah juga berharap dapat mempercepat transformasi UMKM di Indonesia menuju digital.

    "Pelaku UMKM harus menjadi pemain utama dari perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Kita punya target bagaimana menjadikan 8 juta UMKM ini go online pada tahun 2019," ujar Menteri Kominfo Rudiantara, di kawasan Harmoni, Rabu (15/11).

    Beberapa e-commerce di Indonesia, seperti Lazada, Shopee, MatahariMall.com, BliBli.com, Bukalapak, Tokopedia, dan Blanja.com yang hadir dalam acara itu juga sempat mengungkapkan komitmen mereka dalam mengikuti program ini. Mereka menyatakan akan menjalankan roadshow untuk mengedukasi masyarakat agar jiwa kewirausahaan terbangun.

    Masing-masing e-commerce memiliki program sendiri. Misalnya, pejalan di Bukalapak yang memiliki program kopi darat di daerah masing-masing untuk pemberdayaan komunitasnya. Selain itu, Blanja.com melakukan beberapa sinergi dengan kementerian BUMN untuk mengadakan roadshow di beberapa wilayah hingga Indonesia Timur.

    Kemenkop menyebut, selain memberdayakan UKM, gerakan ini akan membantu memberikan akses keuangan pada wirausaha. Kemenkop akan membantu memastikan produk yang dihasilkan UMKM layak bersaing dan kapasitasnya cukup sehingga mendapatkan kepercayaan dari sumber pendanaan.

    “Dalam rangka memasuki bisnis online ini, kami perlahan membenahi UKM-UKM kita dengan membenahi kualitas produk dan standarisasi produk mereka. Kita bantu peningkatan SDM dan akses terhadap sumber-sumber pembiayaan,” kata Deputi Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta.

    Rudiantara berharap, kolaborasi antara pemerintahan dan e-commerce akan berlanjut dan mampu merealisasikan visi bersama menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia pada 2020 mendatang. (bir)

    Sumber: //www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/

    Berita Terkait

    Kominfo Bidik 2 Ribu UKM di Padang Go Digital

    Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membidik dua ribu pelaku Usaha Kecil dan Menengak di Kota Padang Go Digital melalui program Selengkapnya

    Perempuan Zaman Sekarang Mesti Go Online

    Gadget atau gawai tidak hanya dijadikan sebagai alat untuk bermedia sosial. Lebih dari itu, banyak cara dan inovasi-inovasi baru untuk meman Selengkapnya

    Kominfo Ajak Startup Lokal Dorong UMKM Go Online

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai beralih ke pasar online Selengkapnya

    Kominfo Dorong 8 Juta UMKM Garap Pasar E-Commerce

    Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kementerian Kominfo menargetkan sebanyak 8 juta rekan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untu Selengkapnya