FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 11-2017

    2186

    Launching Sail Sabang 2017, Trail of Sea Civilization

    Kategori Berita Pemerintahan | ivon001
    Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Irwandi Yusuf, Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Nazaruddin Wali Kota Sabang meluncurkan Sail Sabang 2017 pada 9 November 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata. Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema “Trail of Sea Civilization” akan berlangsung di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3, pada 28 November hingga 5 Desember 2017.

    Jakarta, Kominfo — Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf dan Walikota Sabang Nazaruddin me-lauching Sail Sabang 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (9/11).  Sail Sabang 2017  yang pembukaan dan acara puncaknya  akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini akan berlangsung di  Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3,  pada 28 November hingga 5 Desember 2017. 

     

    Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema ‘Trail of Sea Civilization’ ini sebagai event tahunan Sail Indonesia (dimulai Sail Bunaken  2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016) dalam rangka meningkatkan pariwisata bahari dengan menjadikan Sabang sebagai  destinasi wisata bahari kelas dunia  serta mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Sabang yang berada di kepulauan terdepan Indonesia.

     

    Menteri Pariwisata (Menpar)  Arief Yahya mengatakan, Sabang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise)  maupun kapal yacht  dari mancanegara. “Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism,  Sabang dikenal sebagai destinasi favourit karena para traveller bisa melakukan berbagai aktivitas  antara lain; diving, snorkeling, fishing, sun-beaching,  dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik,” kata Arief Yahya. 

     

    Menpar Arief Yahya menjelaskan, tahun lalu kapal pesiar (cruise) yang singgah di Sabang sebanyak 10 cruise dengan membawa 6.137 wisman (per November 2016) serta  37 yacht membawa 82 wisman (per Juni 2016)  dengan total kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) per November 2016 mencapai 9,763 wisman. “Event Sail Sabang 2017 akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) ke Sabang,” kata Arief Yahya. 

     

    Menpar Arief Yahya mengatakan, promosi Sail Sabang 2017 dilakukan melalui media online dan offline di antaranya promosi melalui media dalam dan luar ruang di tempat-tempat  strategis di mancanegara antara lain di Changi Airport Singapura dan Kuala Lumpur International Airpor (KLIA) serta melalui  tayangkan di CNN, BBC, dan FOX. Selain itu promosi juga dilakukan lewat komunitas yachter internasional dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa.

     

    Gubernur NAD Irwandi Yusuf menjelaskan, dengan mengangkat tema ‘Trail of Sea Civilization’, penyelenggaraan event  Sail Sabang 2017 dimaksudkan untuk mengingatkan kembali kepada dunia bahwa Sabang pernah menjadi titik temu peradaban berbagai bangsa; Arab, Cina, Eropa, dan India, dan ini  telah diceritakan dalam perjalanan Perahu Borobudur Samudraraksa menjelajahi hingga Afrika, “Sabang juga pernah sebagai titik tolak peziarah haji ke Mekkah,  dan dalam perjalannnya akan menjadi pelabuhan singgah masa perdagangan dunia hingga poros maritim dunia,” kata  Irwandi Yusuf. 

     

    Irwandi Yusuf mengatakan, sebagai poros maritim dunia Sabang segera memiliki pelabuhan peti kemas modern (Pelabuhan CT-3) yang pada kesempatan itu lokasinya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Presiden juga akan meresmikan Sabang  sebagai International Marine Tourism Hub karena lokasinya strategis dekat dengan Langkawi, Phuket, dan Singapura sebagai tempat berkumpulnya para komunitas yachter.

     

    Walikota Sabang Nazaruddin menjelaskan, untuk mensukseskan Sail Sabang 2017 telah dipersiapkan fasilitas akomodasi untuk kunjungan sekitar 5.000 tamu undangan di antaranya dipersiapkan penginapan apung  kapal Pelni dan kapal yacht serta homestay sebanyak 19 buah dengan kapasitas 96 kamar. 

     

    Sementara itu untuk sarana transportasi udara dipersiapkan penerbangan  ke  bandara Sabang, dan transportasi laut  antara lain dengan menambah kapal penyeberangan berupa tiga kapal cepat sebanyak 3 trip/hari dengan jumlah  2.400 penumpang  serta kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

     

    Kegiatan Sail Sabang 2017 akan berlangsung di Teluk Sabang (untuk pembukaan dan puncak acara), serta Sabang Fair, Gapang Resort,  dan Kilometer Nol (Km 0). Pada acara pembukaan ditampilkan;  tarian kolosal Laksamana Malahayati ; toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol dan mengundang Tall Ship negara-negara yang dilewati India, Malaysia, Thailand, dan Singapura); diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi 100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional.

     

    Selain itu digelar sejumlah kegiatan sebagai supporting event antara lain; Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Cullinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operatror and Yacht,  Seminar Wisata Bahari. Kegiatan lain yang kalah menarik adalah Pentas Pesona Indonesia, lomba mancing, lomba video dan foto melalui drone,  Welcome Dinner, City Tour Banda Aceh,  dan bakti sosial serta bersih pantai.

     

    Sumber:

    SIARAN PERS

    Tanggal 9 November 2017

    Biro Hukum dan Komunikasi Publik

    Kementerian Pariwisata

    Berita Terkait

    Digitalisasi Jadi Kunci, Tapi Jangan Berlomba Bikin Aplikasi Baru

    SPBE bukan berarti semua instansi pemerintah berlomba membikin aplikasi. Saat ini ada sekitar 27.000 aplikasi layanan dari pusat sampai daer Selengkapnya

    Tahapan Seleksi CPNS 2019 Akan Segera Diselesaikan

    Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam seleksi CPNS untuk formasi tahun 2019 akan segera dilaksanakan. Kementerian, lembaga, dan pemerintah d Selengkapnya

    Jelang Pilpres dan Pileg 2019, Pemerintah Inventarisasi Potensi Ancaman

    Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilhan Legislatif tahun 2019, Pemerintah dan para pemangku kepentin Selengkapnya

    Menko Luhut Fokuskan Sail Sabang 2017 untuk Destinasi Wisata

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA