FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 10-2017

    1346

    Google Turut Serta Wujudkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Dengan bergabungnya Google, raksasa teknologi ini akan membawa program global Google Developers Launchpad Accelerator untuk menawarkan pelatihan gratis selama tiga hari meliputi sesi training, diskusi, dan mentoring.

    Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen mengatakan, pihaknya ingin menyumbang sumber daya dan keahlian demi membantu pemerintah meraih target mereka di 2020. "Kami juga ingin memperluas potensi internet di Indonesai bagi semua orang melalui inovasi dan edukasi," kata Tony.

    Hingga saat ini, Google telah melatih lebih dari 43.000 pengembang mengikuti pelatihan melalui berbagai program. Dengan begitu, Google berkomitmen untuk melatih hingga 100.000 pengembang di Indonesia sebelum 2020.

    "Kami menepati janji dan sangat bangga (program ini) bisa lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan. Kami juga yakni hal ini akan membantu Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," sambungnya.

    Selain dikhususkan untuk bibit-bibit startup Tanah Air, program selama 3 hari tersebut juga akan melatih 20 mentor Launchpad dan 40 mentor lokal yang telah mengambil porsi penting dari Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

    Di hari ke-2, akan ada lebih dari 25 startup Indonesia yang akan langsung mendapatkan bimbingan pribadi, sedangkan di hari ke-3 akan difokuskan untuk training bagi calon pelatih.

    Launchpad Accelerator Berbagi Tips dengan PesertTak cuma itu, akan ada beberapa startup lulusan Launchpad Accelerator seperti eFishery, Kerjabilitas, dan Ruma yang akan membagikan tips dan ilmu mereka kepada para peserta di program yang diadakan di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue, Jakarta ini.

    "Kami menerbangkan 20 ahli dari Amerika Serikat, Eropa, Afrika, dan Asia untuk mengajar dan bertemu dengan ribuan entrepreneur muda yang antusias. Mereka berusaha membangun perusahaan-perusahaan yang akan membentuk ekonomi digital Indonesia di masa depan," ujar Shinto Nugroho, Head of Government Relations Google Indonesia pada kesempatan yang sama.

    Google Developers Launchpad Accelerator sendiri adalah program yang didukung penuh para ahli dan mentor terbaik di Indonesia. Hingga kini, sudah ada lebih dari 20 startup Indonesia yang telah mengikuti Launchpad Accelerator dengan lebih dari US$ 1 juta pendanaan bebas saham yang telah diberikan. Mereka 'digembleng' dengan mengikuti program akselerasi selama enam bulan. Dan pada tahun ini, akan ada tiga startup lagi yang akan turut serta bergabung.

    Adapun Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital terdiri dari rangkaian pembinaan mulai dari awareness, workshop atau capacity building, hackathon, bootcamp hingga masuk ke tahap inkubasi. Semua startup harus mengikuti proses dari nol, sampai nanti terpilih 1.000 startup yang berkualitas.

    Gerakan ini juga termasuk salah satu dari misi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi digital di Asia Tenggara. Bukan hanya sebagai pasar produk perusahaan, melainkan pemain besar (produsen).

    Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/3144348/google-turut-serta-wujudkan-gerakan-nasional-1000-startup-digital

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Kominfo Ajak Difabel Wujudkan Transformasi Digital Inklusif

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional untuk di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA