FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 10-2017

    1398

    Pembiayaan Infrastruktur Ada Solusinya

    Kategori Berita Pemerintahan | noor.iza
    Kepala BKPM Thomas Lembong, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Staf Khusus Presiden Jphan Budi S. P. dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9, Selasa (17/10). - (jpp.go.id)

    Jakarta, Kominfo - Investasi memerlukan banyak aspek sebagai prasyaratnya. Selain dibutuhkan promosi investasi secara gencar di banyak negara, diperlukan juga perbaikan infrastruktur.  

    Demikian disampaikan Kepala BKPM Thomas Lembong, dalam Diskusi Media bertema “Perwujudan Indonesia Sentris dan Pembangunan Kewilayahan Secara Merata”, yang berlangsung di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

    "Lebih jauh, ambil contoh di sektor pariwisata, misalnya, juga penting dilakukan berbagai perbaikan infrastruktur, bandara, pasokan energi, jalan yang memadai untuk mencapai daerah destinasi hingga ke pinggir-pinggir wilayah, akses internet minimum 3G, dan sebagainya," katanya.

    Jika berbagai fasiltas serupa itu tersedia di banyak daerah, menurut Thomas, maka tentu kondisi itu sangat menarik bagi investor untuk membangun usahanya. Terkait sumber pembiayaan infrastruktur yang sudah dianggap eksesif dan membebani APBN, menurut Kepala BKPM, sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan jalan securitisasi.

    "Ini merupakan upaya monetisasi terhadap nilai aset jalan tol, misalnya yang dimiliki Jasa Marga ke bursa efek, dan hasilnya dapat menjadi sumber pembiayaan program infrastruktur pada proyek lainnya. Namun demikian program sekuritisasi menuntut beberapa penyesuain kebijakan. Pasalnya sekuritisasi ialah priduk baru dalam berinvestasi," katanya. (Was)

     

    Sumber

    Berita Terkait

    Presiden Instruksikan Jajaran Waspadai Dinamika Geopolitik

    Kepala Negara menyampaikan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan iklim yang dapat mengganggu musim tanam dan panen raya. Selengkapnya

    Wapres Harapkan Arsitektur Pendidikan Cetak SDM Terampil

    Wapres berpesan agar perguruan tinggi tidak saja menjadi tempat mengasah ilmu pengetahuan, tetapi juga institusi kunci yang berperan konkret Selengkapnya

    Apresiasi Kriya dan Wastra Nusantara Lewat Pameran Asta Karya Nusa

    Pameran hasil kerja sama Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian dan Derkranas itu merupakan upaya Selengkapnya

    Presiden Serahkan Bantuan Pangan Beras untuk Masyarakat

    Sejumlah keluarga penerima manfaat pun mengaku bersyukur atas bantuan beras yang diberikan oleh pemerintah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA