FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 10-2017

    1263

    Tol Laut dan Udara Kurangi Disparitas Harga Hingga 40%

    Kategori Berita Pemerintahan | noor.iza
    (kiri-kanan) Kepala BKPM Thomas Lembong, Menkominfo Rudiantara, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkop UKM AAG Puspayoga, dan Menhub Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema “Perwujudan Indonesia Sentris dan Pembangunan Kewilayahan Secara Merata”, yang berlangsung di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (17/10/2017). (nba) - (jpp.go.id)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla memfokuskan kinerja di tahun ketiganya untuk melakukan pemerataan pembangunan, yakni melalui prinsip Indonesia Sentris, bukan lagi Jawa Sentris.

    Salah satu indikator dari pembangunan Indonesia Sentris tersebut adalah melalui pembangunan infrastruktur-infrastruktur yang meningkatkan konektivitas di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

    Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema “Perwujudan Indonesia Sentris dan Pembangunan Kewilayahan Secara Merata”, yang berlangsung di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Selasa (17/10/2017).

    “Di wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur) misalnya, yang memang merupakan pulau-pulau, secara intensif Kemenhub membangun banyak bandara, di mana hampir di setiap pulau ada bandara. Dengan demikian, aktivitas saudara-saudara kita di NTT dapat berjalan baik,” terangnya.

    Selain bandara di NTT dan NTB, Kemenhub juga membangun infrastuktur penunjang konektivitas lainnya di daerah 3T, seperti dermaga di timur Sumatera dan di barat Kalimantan, pelabuhan di utara Sulawesi dan Kalimantan, serta bandara dan kapal ternak di Papua.

    Ujung dari seluruh pembangunan tersebut, kata Menhub Budi, adalah terbangunnya Tol Udara dan Tol Laut yang hingga saat ini terbukti bisa mengurangi disparitas harga hingga 20-40 persen.

    “Untuk efektifitas dan pemerataan pembangunan, maka perencanaan pembangunan harus dilakukan secara spasial, tidak lagi sektoral. Kementerian Perhubungan siap bersinergi untuk mendukung pemerataan pembangunan, khususnya di kawasan perbatasan dan timur Indonesia,” pungkas Menhub Budi.

    Turut hadir sebagai pembicara dalam forum hasil kerja sama antara KSP dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tersebut antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkominfo Rudiantara, Menkop UKM AAG Puspayoga, Wamenkeu Mardiasmo, dan Kepala BKPM Thomas Lembong. (nba)

     

    Sumber

    Berita Terkait

    BBWI dan BBI Dongkrak Investasi dan Penggunaan PDN

    Indonesia memiliki potensi perjalanan wisata domestik cukup besar yang bersumber dari 276 juta jumlah penduduk. Selengkapnya

    Wapres Tinjau Wisatawan Kunjungi TMII Pascarevitalisasi

    Penataan kawasan TMII dikoordinasikan Kementerian PUPR dengan mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat yang mengedepankan suasana lebih ala Selengkapnya

    Wapres Tekankan Urgensi Dialog Lintas Agama

    Melalui dialog, seluruh perbedaan cara pandang dalam melihat sebuah isu dapat disampaikan dan kemudian didiskusikan untuk menghasilkan sebua Selengkapnya

    Pendaftaran PPPK Tenaga Guru Mulai Dibuka 31 Oktober Hingga 13 November 2022

    Seleksi administrasi akan dimulai pada 31 Oktober 2022 s.d 15 November 2022. Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 16 dan 17 November 20 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA