FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 09-2017

    11875

    SaPA Kemendagri, Layanan Aduan Pemerintahan dan Kependudukan

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Punya permasalahan dalam layanan pemerintahan, kependudukan atau urusan kementerian dalam negeri? Kini masyarakat bisa mengadukan masalah itu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA). Aplikasi itu bisa diakses melalui ponsel pintar (smartphone), media sosial twitter dan facebook atau dengan mengunjungi laman www.sapa.kemendagri.go.id.

    Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Arief M Edie mengatakan program itu merupakan sarana bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan berkait an dengan jalannya roda pemerintahan baik pusat maupun daerah.

    “Program SaPA ini sudah di unduh sebanyak 103.538. Artinya memang banyak orang yang ingin mengadukan masalah-masalah di berbagai daerah,” kata Arief di Jakarta, Rabu (13/09/2017) lalu.

    Arief menjelaskan dari persentase 100 pengaduan 80 diantaranya adalah soal e-KTP. Contohnya e-KTP belum jadi, nomor NIK belum tergistrasi, pembuatan e-KTP masih dipungut bayaran, blanko habis dan lain-lain. “Semua aduan ini kita jawab dan kita cetak untuk dilaporkan ke pak Menteri,” tegasnya.

    Setiap bulannya Arief mengatakan pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui aplikasi SaPA ini cukup tinggi sekitar 600 sampai 700, belum yang datang langsung atau melalui surat. “Jika terkait dengan teknis tentu kita sampaikan kepada komponen untuk menjawabnya,” ujarnya.

    Sementara jika ada pengaduan terkait dengan daerah, pihaknya akan langsung membuat surat ke pemda terkait dengan permasalahan yang diadukan. “Setelah mendapat jawaban dari pemda, kita langsung sampaikan ke pengadu,” tandasnya.

    Sumber

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan Dana Peserta BPJS Kesehatan

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata informasi bantuan dana Rp125 juta untuk peserta BP Selengkapnya

    Kedatangan Pengungsi Rohingya Menangkan Paslon Tertentu? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari cekfakta.tempo.co, narasi mengenai gelombang kedatanga Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Jangkau Masyarakat, Pemerintah Terapkan Nilai 3E+1N dalam Kemasan Informasi

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengajak perwakilan lembaga pemerintah untuk memanfaatkan Komunitas Sohib yang telah dibentuk dibawah platfor Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA