FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 09-2017

    1569

    Startup Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Menteri Komumikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengungkapkan inisiasi digital menjadi sebuah keniscayaan bila merujuk pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK). FOTO/ SINDOnews

    JAKARTA - Menteri Komumikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengungkapkan inisiasi digital menjadi sebuah keniscayaan bila merujuk pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang ada di Indonesia saat ini. Sebab, perkembangan dunia TIK terjadi begitu cepat.

    Terlebih lagi, pria yang akrab disapa Chief RA ini menilai Indonesia belakangan banyak menghadirkan startup digital. Dan ini menjadi sebuah nilah tambah untuk pertumbuhan industri digital itu sendiri.

    "Indonesia butuh talenta muda bidang ICT berbakat, mencari pekerjaan itu baik tapi lebih mulia memberi pekerjaan," ujar Chief RA, dalam keterangan tertilusnya, Senin (11/9/2017).

    Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan, dari sisi etika, pihaknya juga mengajak semua pihak merestruktur tatanan lebih baik, yakni dengan tidak ikut menyebarkan hoax.

    Sementara itu, dalam mendukung pertumbuhan industri digital. Indigo.id menitikberatkan lima poin dalam inisiasi digital program inkubasi dan akselerasi start up di Indonesia.

    R. Bayu Hartoko, Head of Marketing & International Channel Indigo PT. Telekomunikasi Indonesia, mengatakan, lima kunci sukses tersebut diawali dengan orkestrasi digital.

    Artinya, kata dia, ada proses sinergi serta saling melengkapi antara elemen industri digital satu dengan lainnya. Setelah itu, harus ada peningkatan kapabilitas internal di Indigo.id maupun mitra.

    "Kemudian, optimalkan peluang sinergi yang ada, eksekusi seluruh program secara istimewa, serta tak berhenti mengembangkan ekosistem digital di tanah air," jelasnya.

    Menurut dia, secara simultan, mereka yang berminat dan sedang menjalani industri digital pun harus memiliki perubahan paradigma dalam berkarya.

    Jika dulu belajar di sekolah sampai lulus kemudian bekerja sampai pensiun, maka kini proses bekerja dan belajar harus terus dilakukan bergiliran tanpa berhenti.

    "Saat ini, pekerjaan sesulit apapun akan terasa mudah jika tidak dikerjakan. Artinya, pekerjaan yang mudah-mudah itu sudah tidak ada, maka stop komplain dan terus belajar dengan cerdas dan keras," sambungnya.

    Potensi digital ekonomi Indonesia sendiri saat ini kurang lebih US$ 13 miliar, namun lima tahun ke depan berpotensi menjadi US$ 130 miliar. Dan ini tentunya merupakan sebuah potensi besar yang seharusnya bisa ditangkap.

    "Dari jumlah penduduk saja, Indonesia itu 255 juta. Di bawahnya jauh jumlahnya, yakni Filipina 101 juta, Vietnam 94 juta, Thailand 65 juta, Myanmar 53,8 juta, Malaysia 30 juta, Kamboja 15,4 juta, Laos 6,9 juta, Singapura 5,5 juta, dan Brunei 0,43 juta," sambungnya.

    Dalam hal ini, Menkominfo dan Indigo menggelar seminar bertajuk #id talent Career Expo 2017 “Unleash The Potential and Creativity in Digital Era”yang berlangsung pada 9-10 September 2017. Selain menghadirkan pembicara kunci Menkominfo dan Indigo itu, juga menghadirkan pembicara seperti Putra Nababan, Najwa Shihab, Leonika Sari, R. Bayu Hartoko, dan Hery Kustanto yang merupqkan orang - orang berkompeten di bidangnya.

    (wbs)

    Sumber : https://autotekno.sindonews.com/read/1238523/133/startup-dorong-pertumbuhan-ekonomi-digital-1505119750/13

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Hari Nusantara jadi momentum akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA