FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
07 09-2017

268

Tandai 50 Tahun Kerjasama, Indonesia-Singapura Rilis Prangko Seri "Rising 50"

Kategori Berita Kementerian | noor.iza
- (Pak Menteri)

Jakarta, Kominfo - Menandai 50 tahun kerjasama diplomatik Indonesia dan Singapura, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menandatangani Sampul Hari Pertama penerbitan seri prangko bersama.
Rilis prangko itu dilakukan bersamaan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Singapura serta Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad A. Ramli dan Deputy Chief of Mission-Designate Jonathan Han, di Ruang Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta.
Kerjasama diplomatik Indonesia-Singapura telah berlangsung 50 tahun sejak penandatanganan Joint Communique oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Adam Malik dan Menteri Luar Negeri Singapura S Rajaratnam pada 7 September 1967.
Bertajuk "Rising 50" dengan tema kemitraan terpercaya dan tumbuh bersama, perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Singapura diharapkan mengikat kedua negara bersahabat dalam sejarah, seni dan bidang lain.

Tema Kehidupan Bawah Laut
Dirjen PPPI Ahmad M Ramli menyebut peluncuran prangko menandakan kerjasama antarkedua negara.  "Peluncuran prangko ini menandai semangat kedua negara dalam mengembangkan kerjasama negara yang bertetangga dekat," katanya.
Hal senada disampaikan Deputi Chief of Mission Jonathan Han yang mengatakan penerbitan perangko bersama tersebut juga  menandai kedekatan kedua negara.
Tema prangko bersama Indonesia dan Singapura adalah kehidupan bawah laut dengan terumbu karang. Prangko diterbitkan dalam dua desain dengan nominal masing-masing Rp5.000,00 dalam format lembar penuh dengan komposisi 12 keping per lembar atau 6 set prangko dan dicetak 360.000 set.
Selain itu prangko juga ditampilkan dalam format Carik Kenangan dengan nominal Rp20.000, yang dicetak 8.888 set. Menyertai penerbitan prangko ini diterbitkan pula Sampul Hari Pertama sebanyak 2.000 set dengan harga Rp15.000. Prangko dicetak oleh Perum PERURI dan dirancang oleh PosKreatif.
Indonesia dan Singapura pernah menerbitkan prangko bersama tahun 2009 dengan tema atraksi pariwisata. (Biro Humas Kementerian Kominfo)

Berita Terkait

Menkominfo: Pasar Halal Indonesia Punya Peluang Besar

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan kebutuhan dan peluang akan pasar halal di Indonesia sangat luar biasa. Terdapat gap Selengkapnya

Indonesia-Singapura Fokus Kerjasama Ekonomi Digital

Lawatan Presiden Joko Widodo ke Singapura menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Presiden Jokowi dan PM Lee menyepakati kerja sama yang Selengkapnya

Kembangkan Sektor Telekomunikasi, Indonesia Buka Peluang Kerjasama

“Asia Pacific Telecommunity (APT) telah memainkan peran penting dalam ITU dan organisasi internasional dan regional lainnya, menyediakan b Selengkapnya

Kerangka Kerja Manajemen Risiko Kominfo Selesai Juni 2017

Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini sedang menyiapkan Kerangka Kerja Manajemen Risiko untuk Tahun 2017. "Framework Manajemen Ris Selengkapnya

comments powered by Disqus