FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 09-2017

    2460

    Kembangkan Smart City, DPRD Yogyakarta Sambangi Kominfo

    Kategori Berita Kominfo | srii003
    Penyerahan plakat dari Kemkominfo yang diserahkan oleh Plt. Kepala Biro Humas Noor Iza kepada DPRD DI Yogyakarta dalam kunjungan kerja DPRD DI Yogyakarta ke Kementerian Kominfo, Kamis (07/09/2017).

    Jakarta, Kominfo – Pemerintahan Provinsi DI Yogyakarta berencana mengembangkan smart city dengan melakukan integrasi sistem informasi pembangunan. Langkah awal digagas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DI Yogyakarta dengan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Insiatif mengenai Penyelenggaraan Sistem Informasi Pembangunan Daerah.
    “Kami berkunjung kesini dengan tujuan yaitu membahas penyediaan akses publik atas informasi serta langkah menuju smart city. Kami memiliki inisiatif untuk melakukan integrasi sistem informasi dari provinsi sampai ke desa,” papar Wakil Ketua DPRD DI Yogyakarta Arif Nur Haryanto dalam kunjungan kerja ke Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Kamis (07/09/2017).
    Menurut Wakil Ketua DPRD saat ini persoalan yang menjadi pokok bahasan di Yogyakarta adalah adanya pembatasan kewenangan yang berbeda–beda dari pemerintahan provinsi, kabupaten dan kota serta provinsi. "Ada banyak sistem informasi yang dikembangkan untuk melaksanakan berbagai tugas pelayanan publik, padahal akan lebih efisien jika diintegrasikan," paparnya.
    Arif Nur Haryanto menyampaikan tiga komponen dalam Raperda Inisiatif yang saat ini masuk dalam tahap inventarisasi sebelum ke kajian akademis.  “Pertama keamanan dan ketertiban umum, integrasi antara berbagai lembaga yang diwujudkan melalui Jogja Plan, kedua penyelarasan perencanaan pembangunan guna menjalin aspek keterbukaan dalam pembangunan yang dikerjakan, dan ketiga mengelola partisipasi masyarakat dapat pembangunan,” ujarnya.
    Kunjungan 10 Anggota DPRD DI Yogyakarta ke Kementerian Kominfo secara khusus dimakusdkan untuk mendapatkan masukan tentang perkembangan terkini mengenai kebijakan yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo.
    Plt. Kepala Biro Humas Kominfo Noor Iza merespons pertanyaan dari Ketua Komisi DPRD Yogyakarta berkaitan dengan pengelolaan informasi publik PPID. “Pengelolaan informasi publik bisa disentralkan ke Dinas Kominfo, sedangkan data dan dokumentasi disimpan oleh Dinas Kominfo sebagai PPID Pembantu adalah masing-masing satuan kerja atau organisasi perangkat daerah," katanya.
    Mengenai permintaan penyediaan akses karena Yogyakarta juga memiliki daerah terdepan dan terluar, Plt. Kepala Biro Humas menyampaikan penetapan Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) dilakukan oleh Presiden melalui Perpres.
    Mengenai pertanyaan soal digitalisasi penyiaran, Noor Iza memaparkan salah satu manfaatnya
    adalah dapat digunakan untuk mendukung untuk penanganan bencana. "Jika digitalisasi selesai dilakukan akan ada dividen dalam bentuk frekuensi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penanganan bencana dan sistem pemantauan kebencanaan," jelasnya.
    Selain soal kebijakan, Anggota Komisi A DPRD DI Yogyakarta yang didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi DI Yogyakarta dan staf Sekretariat DPRD, juga menggali berbagai informasi mengenai kelembagaan bidang kominfo, kehumasan, peraturan yang berkaitan dengan tata kelola sistem informasi dan penyediaan akses telekomunikasi serta literasi perangkat teknologi.
    Mengakhiri kunjungan DPRD DI Yogyakarta, Ketua Komisi A DRPD DI Yogyakarta Edi Susilo menyampaikan impian mereka untuk masa yang akan datang. "Kami ingin mempunyai sistem penyelenggaraan informasi yang ideal agar melayani publik lebih baik," katanya. (Biro Humas/SINA)

    Berita Terkait

    Terapkan Transformasi Jabatan Fungsional, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Reformasi birokrasi yang dijalankan saat ini sesuai dengan arahan Presiden agar birokrasi berdampak langsung ke masyarakat. Selengkapnya

    Tiba di Yogyakarta, Menkominfo Akan Buka AMH 2022

    Menteri Johnny akan menghadiri dan membuka acara Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2022. Selengkapnya

    Menteri Johnny Sematkan Satyalancana Karya Satya untuk 8 ASN Kominfo

    Menkominfo Johnny G. Plate memberikan dan menyematkan langsung tanda kehormatan itu sebelum memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklama Selengkapnya

    Sidang Kedua DEWG G20 Yogyakarta Terapkan Prokes Ketat

    Gelaran Sidang Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (2nd DEWG) G20 di Hotel Tentrem, Kota Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA