FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 07-2017

    1389

    Menkominfo Ingin Nanti Cuma Ada Empat Operator

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Foto: GettyImages

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong agar para operator telekomunikasi saling konsolidasi. Itu merupakan bagian yang ingin dicapai Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

    Secara angka pastinya belum diketahui akan jadi berapa operator telekomunikasi di Tanah Air apabila melakukan konsolidasi. Namun, Rudiantara menyebutkan perkiraannya.

    "Gak ada riset scientific tapi menurut saya 3-4 operator itu cukup, paling banyak empat operator. Bahwa yang ketiga siapa atau keempat siapa, entah juga," ujar Rudiantara di acara Indonesia Technology Forum di Hotel Akmani, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

    Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyebutkan ada 12 operator telekomunikasi di Indonesia, di mana terbagi enam pemain seluler, yaitu Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, Smartfren, Hutchison 3 Indonesia, dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, serta enam pemain Broadband Wireless Access (BWA), yaitu Telkom, IM2, Internux, First Media, Berca, dan Jasinta.

    Menkominfo mengungkapkan bahwa ia telah membahas soal konsolidasi dengan para petinggi operator telekomunikasi.

    "Katanya mau cut loss, saya bilang saya bantu untuk mengurangi cut loss, caranya ya konsolidasi untuk meningkatkan skala ekonomi. Artinya, dia punya bargaining power kepada vendor, jadi beli barangnya murah," ucapnya.

    "Kalau sekarang itu sudah beli barangnya mahal, pelanggan sedikit, utang banyak, mau apa? Alternatifnya ya biar mati sendiri. Nanti pemerintah yang disalahkan lagi, kok gak bantuin dan lain-lain," tambahnya. (fyk/fyk)

    Sumber : http://inet.detik.com/telecommunication/d-3574873/menkominfo-ingin-nanti-cuma-ada-empat-operator

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    Menkominfo: produk UMKM punya potensi luar biasa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA