FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 07-2017

    2482

    Kominfo Dukung Kerjasama Antar Industri Game

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung kerjasama industri kreatif bidang pengembangan dan inovasi aplikasi game di Indonesia. ”Pemerintah mendorong dan mendukung adanya signing ceremony seperti ini. Adanya kerjasama  pada bidang kreatiif sangat dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan inovasi,” kata Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan saat hadir mewakili Menkominfo dalam Signing Ceremony CAKRA dan True Axion Interactive di Jakarta, Rabu (26/07/2017).
    Dirjen Semuel menegaskan inovasi di bidang teknologi hanya bisa dilakukan dengan adanya kerjasama, kalau tidak begitu tidak banyak inovasi yang bisa dilakukan. “Dengan adanya kerjasama diharapkan akan ada transfer knowledge. Terbukanya market di luar karena dengan kerjasama Thailand yang berada dalam MEA, bagi Thailand bermanfaat, demikian untuk Indonesia sendiri,” tandas Semuel Pangerapan.
    Menurut Dirjen Aptika setiap industri game lokal di Indonesia didorong agar berkembang. “Pemerintah merancang bagaimana Indonesia bisa membuka pasar tapi juga tetap melindungi pasar game dalam negeri. Contohnya, Pemerintah akan mengatur bahwa semua game harus teregistrasi, jadi bukan ijin," terangnya.
    Tujuan pendaftaran menurut Dirjen Semuel dilakukan untuk menjaga kesetaran peluang antara industri dalam negeri dan luar negeri. "Hal untuk menjaga ekualitas antar perusahaan game dalam negeri dan luar. Sama- sama harus bayar pajak. Jadi semua OTT yang menyimpan data orang Indonesia atau transaksi di Indonesia harus terdaftar,” katanya.
    Diakhir sambutannya Dirjen Aptika menyatakan pemerintah menyambut baik inisiasi untuk menggabungkan e-commerce atau startup dan game. "Namun harus ada recognition khusus dan bersyukur adanya industri game seperti CAKRA yang menjadi counterpart Pemerintah untuk bersama-sama memajukan industri yang dinaungi," pungkasnya. (dps)

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA