FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 07-2017

    1901

    Facebook Inc. di Indonesia Harus Ubah Jenis Usaha

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kiri), menjawab pertanyaan wartawan seusai konferensi pers Atasi Serangan Malware Ransomware Wannacry di Jakarta, Minggu (14/5). - ( JIBI/Dwi Prasetya)

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah akan meminta anak usaha Facebook Inc. di Indonesia mengubah jenis usaha menjadi periklanan. Pasalnya, izin prinsip consulting management yang kini didapatkan dinilai tidak sesuai dengan inti bisnis raksasa platform media sosial itu.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam memperbarui Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) sehingga anak usaha Facebook Inc. di Indonesia bisa masuk ke klasifikasi usaha yang dimaksudkan oleh pemerintah, yakni iklan digital.

    "Facebook sudah mendapatkan izin prinsipnya itu masuk consulting manajemen. Bukan yang sesuai dengan bisnisnya, yaitu iklan. Saya akan ketemu, bilang ke mereka pindah KBLI-nya, nanti saya bantu. Itu saja," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (25/7/2017).

    Dia menyatakan pihaknya akan segera bertemu dengan Facebook untuk menuntaskan hal ini. Adapun, anak usaha Facebook sendiri telah mendapatkan izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal pada Maret 2017.

    Sebelumnya, Otoritas Pajak sedang merampungkan pemeriksaan pajak Facebook. Pasalnya, penghasilan Facebook sudah dipotong PPh Pasal 26.

    "Kalau memang gak segera, ya berarti numpuk aja terus pajaknya. Tapi memang mereka kan dapet izin itu Maret, KBLI baru belum keluar. KBLI baru itu baru keluar bulan kemarin," kata Rudiantara.

    Sumber : http://industri.bisnis.com/read/20170725/105/674891/facebook-inc.-diindonesia-harus-ubah-jenis-usaha

    Berita Terkait

    Menkominfo Yakin Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan keyakinan bahwa Indonesia akan dapat melalui masa Selengkapnya

    Menkominfo: Indonesia lulus ujian dari gempuran informasi 2019

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bangsa Indonesia bisa dikatakan lulus ujian dari gempuran informas Selengkapnya

    Laos Belajar Ke Indonesia Kembangkan Ekonomi Digital

    Pemerintah Republik Rakyat Demokratik Laos (Lao PDR) tertarik dengan cara Indonesia mengembangkan ekonomi digital. Selengkapnya

    Gerakan 1000 Startup Indonesia Targetkan Valuasi Bisnis USD 10 M

    Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital menargetkan total valuasi bisnis senilai US$ 10 miliar pada 2020. Sejak 2016 program gelaran Kementer Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA