FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2017

    1358

    Pemkot Siagakan Tim IT Cegah Serangan Virus Ini

    Kategori Sorotan Media | anggi

    SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menonaktifkan atau mencabut jaringan lokal/LAN sementara sampai dipastikan aman sebelum menyalakan komputer saat masuk kerja pertama.

    Ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah serangan Ransomware Petya yang bisa merusak jaringan internet.

    “Tiap-tiap OPD harus menugaskan Tim IT sebelum mengaktifkan komputer. Mereka harus melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap virus Ransomware Petya,” terang Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Surakarta, Heri Purwoko kepada wartawan, Minggu (2/7/2017).

     

    Ada langkah-langkah atau tips sederhana yang bisa dilakukan, yakni sebelum menghidupkan komputer/ server terlebih dahulu matikan hotspot/Wifi dan cabut koneksi kabel LAN/ internet sementara sampai dipastikan semua aman.

    Kemudian segera pindahkan data ke sistem operasi non windows (linux, mac) atau lakukan back up/ copy semua data ke media storage terpisah.

    Selanjutnya mengunduh Tools dan Security Patch secara manual melalui komputer lain yang dipastikan aman, Pasang Tools dan Security Patch yang sudah diunduh ke semua komputer.

    Lalu melakukan pemeriksaan menggunakan program Antivirus dengan fitur Total Security. Dengan catatan Antivirus tersebut sudah menggunakan update terbaru. Nonaktifkan macro service pada Microsoft Office dan SMB Service semua komputer.

    Aktifkan Firewall dan block Port 139, 445 serta 3389 untuk sementara, sampai seluruh proses mitigasi, backup dan update patch tuntas dilaksanakan.

    “Langkah-langkah itu sudah diedarkan ke masing-masing OPD. Diharapkan itu bisa ditindaklanjuti mengingat virus itu cukup berbahaya, jadi ini untuk mengamankan data-data Pemkot,” ungkapnya.

    Mulai besok Senin (3/7/2017) merupakan hari pertama bekerja bagi ASN usai libur dan cuti bersama Lebaran dari 23 Juni 2017 sampai 1 Juli 2017.

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara sudah memberikan imbauan ke masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman program yang dapat merusak jaringan internet itu.

    Cara kerja virus Petya mirip dengan virus Ransomware Wannacry. Penularannya lewat penyebaran file atachment email dan link ke situs malware.

    Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Surakarta, Budi Yulistianto mengatakan hari pertama masuk Senin (3/7/2017) mendatang akan diisi dengan apel bersama di halaman Balaikota Surakarta dilanjutkan dengan halalbihalal. Bagi ASN yang kedapatan membolos, lanjut Budi akan mendapatkan sanksi.

    “ASN mulai masuk setelah cuti bersama Lebaran itu, Senin (3/7/2017) nanti. Semua harus masuk tidak ada yang bolos atau mengambil cuti lagi, itu sudah ada di peraturan,” terang dia.

    #Ari Welianto

    Sumber : https://joglosemar.co/2017/07/pemkot-siagakan-tim-cegah-serangan-virus-ini.html

    Berita Terkait

    Kominfo siapkan langkah strategis dukung AI

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung pemanfaatan kecerdasan buatan, atau artificial i Selengkapnya

    Kemenkominfo: Meriahkan HUT Ke-75 RI dengan taat protokol kesehatan

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rosarita Niken Widiastuti mengajak seluruh masyarakat ikut memeria Selengkapnya

    3 Proyek Bahasan Menkominfo & Dubes Perancis, Salah Satunya TVRI

    Menkominfo Johnny Gerard Plate menerima kunjungan kehormatan (courtesy visit) dari Duta Besar Perancis untuk Indonesia, HE Mr Olivier Chamba Selengkapnya

    Kominfo Ajak Karyawan Sumbangkan Gaji untuk Penanganan Corona

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak seluruh karyawannya untuk menyisihkan uang gajinya guna disumbangkan membantu perc Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA