FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 05-2024

    106

    Jadi Tuan Rumah Lokakarya DTC ITU, Indonesia Dorong Percepatan Literasi Digital Global

    SIARAN PERS NO. 328/HM/KOMINFO/05/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 328/HM/KOMINFO/05/2024

    Senin, 13 Mei 2024

    tentang  

    Jadi Tuan Rumah Lokakarya DTC ITU, Indonesia Dorong Percepatan Literasi Digital Global

    Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lokakarya Digital Transformation Center (DTC) International Telecommunication Union (ITU). Lokakarya Global DTC akan berlangsung dari tanggal 14 hingga 16 Mei 2024 di Bali, Indonesia.

    Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Hary Budiarto menyatakan lokakarya akan membahas ide-ide baru guna mengembangkan inisiatif pelatihan untuk mempercepat literasi digital secara global.

    "Para focal point dari seluruh Pusat Transformasi Digital mendiskusikan implementasi inisiatif literadi digital dan mendemokratisasikan digitalisasi secara global," ungkapnya di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (13/05/2024).

    Selain membahas tren global terkini dalam keterampilan digital dan transformasi digital, menurut Kepala BPSDM Hary Budiarto, lokakarya juga membahas upaya meningkatkan literasi digital guna mengikis kesenjangan digital global.

    "Lokakarya juga membahas berbagai perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai pada area aksi yang telah disepakati pada pertemuan DTC sebelumnya, dan mempresentasikan tujuan utama lokakarya," ujarnya.

    Kepala BPSDM Kementerian Kominfo menyatakan lokakarya diikuti delegasi dari negara kawasan Asia dan Pasifik, Afrika, Amerika, dan Arab. Menurutnya pemilihan Indonesia dilatari adanya beragam kemajuan dalam literasi digital nasional.

    "Kemajuan penting Indonesia dalam memajukan implementasi tujuan inisiatif ini, berkontribusi pada pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah acara ini," ujarnya.

    Secara khusus, Kepala BPSDM Hary Budiarto menungkap keberadaan Visi Indonesia Digital 2045 yang menjadi pendukung percepatan transformasi digital nasional. Kepala BPSDM Kementerian Kominfo  berharap inisiatif Indonesia akan dapat mendorong percepatan literasi digital global.

    "Visi Indonesia Digital 2045 memberikan visi, misi, sasaran dan strategi pembangunan digital untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Sehingga pemanfaatan teknologi digital dapat membawa lompatan kemajuan bagi Indonesia untuk menjadi salah satu dari 10 negara dengan perekonomian terkuat di Tahun 2045 mendatang," tuturnya.

    Lokakarya DTC merupakan kolaborasi Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) BPSDM Kementerian Kominfo, ITU, Cisco dan Indosat Ooredoo Hutchison.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 370/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Konsultasi Publik RPM mengenai Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus Untuk Keperluan Sendiri

    Rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus Untuk Keperluan Sendiri ini disusun dalam rangka melaksana Selengkapnya

    Siaran Pers tentang RI-Tiongkok Sepakat Dalami Kerjasama Transformasi Digital dan AI

    Dalam pertemuan dengan Zhongde, Menkominfo Budi Arie Setiadi menuturkan bahwa Indonesia yakin pengembangan AI (Artificial Intelligent) dan i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 369/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Percepat Adopsi Standar Etika AI, Kominfo dan UNESCO Luncurkan RAM

    Peluncuran RAM AI di Indonesia awalnya akan berlangsung bulan Juni mendatang, namun dipercepat agar di bulan September, Kementerian Kominfo Selengkapnya

    Siaran Pers No. 368/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Wamenkominfo Apresiasi Dukungan UNESCO Terapkan Tata Kelola AI di Indonesia

    Wamenkominfo berharap peluncuran RAM AI dapat menghasilkan rekomendasi sebagai rujukan untuk pengembangan teknologi AI di Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA