FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 06-2023

    1284

    [DISINFORMASI] Johnny G. Plate Memohon kepada Presiden Jokowi agar Dibebaskan

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan : 

    Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang berisi klaim bahwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memohon kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dibebaskan dari kasus korupsi penyediaan base transceiver station (BTS) 4G. Thumbnail foto pada unggahan video tersebut menampilkan foto seseorang yang sedang bersujud di hadapan Presiden Jokowi dengan narasi "DATANGI PRESIDEN JOKOWI JONNY G PLATE NGEMIS MINTA BEBAS & AKAN BONGKAR SEMUANYA".

    Faktanya, klaim pada unggahan video tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, pria yang terlihat bersujud di hadapan Presiden Jokowi tersebut bukanlah Johnny G. Plate, melainkan seorang tamu dari masyarakat umum saat acara open house Idulfitri di Istana Negara pada 5 Juni 2019. Sementara, narator dalam video membacakan artikel tempo.co dengan judul "Siapa Terima Aliran Dana Johnny G. Plate ?" Namun, artikel tersebut tidak memuat informasi apa pun mengenai permohonan Johnny G. Plate agar dibebaskan dari kasus korupsi penyediaan BTS 4G.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    -https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/06/05/115500582/-hoaks-johnny-g-plate-memohon-kepada-jokowi-agar-dibebaskan?page=all#page2 

    -https://fokus.tempo.co/read/1728424/siapa-terima-aliran-dana-johnny-g-plate

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Aksi Demonstrasi Mahasiswa Lengserkan Presiden Jokowi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Istana Presiden Jakarta Dijaga Hercules

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi Salam 2 Jari Mendukung Prabowo-Gibran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Keluarga Presiden Jokowi Diasingkan Akibat Mengubah Konstitusi

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA