FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2023

    826

    Tambahan Uang Jaminan Logistik? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar tangkapan layar pesan instan WhatsApp berisi iinformasi adanya tambahan biaya asuransi atau biaya uang jaminan mengatasnamakan Indah Logistik. Pesan ditujukan ke penerima paket agar uang jaminan tersebut ditransfer sehingga Surat Perintah Jalan (SPJ) dapat dikeluarkan dan paket dapat dikirimkan segera. Konon, uang jaminan akan dikembalikan ke penerima paket. 

    Hasil penelusuruan Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dalam akun Instagram resminya @indahlogistik_id, menyatakan bahwa pesan WhatsApp tersebut merupakan modus penipuan. Indah Logistik tidak pernah meminta biaya asuransi atau jaminan dan menjanjikan untuk melakukan pengembalian dana.

    Biaya asuransi yang ditetapkan adalah 0,2% dari nilai barang dengan minimal nilai barang Rp1.000.000. Pihaknya mengimbau kepada pelanggan Indah Logistik untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Indah Logistik.

    Berikut laporan harian isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (28/05/2023):

    1. [HOAKS] Poster Nikah Gratis untuk Warga Surabaya
    2. [HOAKS] Tambahan Uang Jaminan Mengatasnamakan Indah Logistik
    3. [DISINFORMASI] Johnny G. Plate dan Istri Surya Paloh Terbukti Sekongkol
    4. [DISINFORMASI] Pentagon Salurkan Dana kepada Anthony Fauci agar Ciptakan Virus Covid-19

    Berita Terkait

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    File Undangan Pemilu DPT Lewat WA, Awas Hoaks!

    File undangan pemilu DPT tersebut merupakan penipuan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA