FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 05-2023

    932

    [Berita Foto] Plt Menkominfo Pimpin Upacara Peringatan ke-115 Harkitnas

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Plt Menkominfo Mahfud MD memimpin upacara peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (22/05/2023) - (Pey)

    Jakarta Pusat, Kominfo - Menteri Koordinator  Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sebagai Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika, Mahfud MD memimpin upacara peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (22/05/2023).  

    Prosesi upacara dimulai pukul 08.00 WIB. Dalam sambutannya, Plt Menkominfo Mahfud MD menjelaskan mengenai sejarah kebangkitan nasional yang pada 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. 

    “Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur,” tuturnya.

    Menurut Plt Menkominfo Mahfud MD, Boedi Oetomo didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. 

    “Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita- cita utama kebangkitan nasional, yakni (1) Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, (2) Memajukan nusa dan bangsa, serta (3) Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” jelasnya.

    Menteri Mahfud MD menegaskan bahwa barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. 

    “Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api "Semangat Untuk Bangkit!" demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

    Dalam upacara Harkitnas tahun 2023, hadir Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Sumber Daya Manusia Hary Budiarto, serta pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Kominfo.

    Berita Terkait

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA