FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 05-2023

    893

    Cetak Talenta Vokasi Jago Digital, Kominfo Fasilitasi Pelatihan dan Sertifikasi

    SIARAN PERS NO. 80/HM/KOMINFO/05/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 80/HM/KOMINFO/05/2023

    Jumat, 12 Mei 2023

    Tentang

    Cetak Talenta Vokasi Jago Digital, Kominfo Fasilitasi Pelatihan dan Sertifikasi 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika melatih dan memfasilitasi sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk talenta digital bidang vokasi.  

    Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto menyatakan pelatihan dan sertifikasi itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan SDM digital bidang Data Science dan konvergensi Desain Multimedia.

    "Kebutuhan talenta digital makin berkembang seiring perkembangan teknologi, sehingga pemenuhan kebutuhan SDM bidang tersebut perlu diwujudkan," ujarnya saat membuka Pelatihan dan Sertifikasi Tema Associate Data Scientist dan Intermediate Multimedia Designer di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/05/2023).

    Pelatihan itu merupakan bagian dari  Program Digital Talent Scholarship Tahun 2023 Akademi Vocational School Graduate Academy (VSGA). Menurut Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo, program itu meryupakan bagian dari penyiapan SDM talenta digital telah dicanangkan Pemerintah di dalam Peta Jalan Indonesia Digital 2021–2024.

    “Ini bagian dari upaya mewujudkan pilar keempat yaitu masyarakat digital, sehingga Balitbang SDM merancang sejumlah akademi dalam Program Digital Talent Scholarship," jelasnya.

    Hary Budiarto menyatakan, Akademi VSGA dalam Program DTS 2023 ditujukan untuk memberikan fasilitasi bagi lulusan pendidikan vokasi.

    "Program VSGA bagi lulusan vokasi, dilaksanakan untuk mewujudkan Indonesia Terkoneksi agar Semakin Digital, Semakin Maju,” tandasnya.

    Dalam acara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum menyambut baik pelatihan dan sertifikasi untuk lulusan vokasi itu.

    "Saya berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara luas di berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah," ungkapnya.

    Ketua Kelompok Kerja Akademi VSGA Program DTS 2023 menyatakan pelatihan diikuti 100 orang peserta dari Kota Semarang dan sekitarnya. "Kami melakukan seleksi yang ketat dari total 350 orang pendaftar,” jelasnya.

    Setelah mengikuti pelatihan, setiap peserta berkesempatan untuk mengikuti sertifikasi kompetensi bersama asesor dari lembaga sertifikasi profesi.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA