FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 03-2023

    745

    Kominfo Perkuat Keterampilan dan Budaya Digital Lewat FGA-DTS

    SIARAN PERS NO. 40/HM/KOMINFO/03/2023
    Kategori Siaran Pers
    Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto dalam Pembukaan Program Pelatihan Bootcamp FGA Batch I Tahun 2023 di Bekasi, Senin (20/03/2023). - (Indra)

    Siaran Pers No. 40/HM/KOMINFO/03/2023

    Senin, 20 Maret 2023

    Tentang

    Kominfo Perkuat Keterampilan dan Budaya Digital Lewat FGA-DTS 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan beasiswa pelatihan nongelar lewat Fresh Graduate Academy (FGA) dalam Program Digital Talent Scholarship (DTS). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto menyatakan, pelatihan FGA dirancang untuk menjawab kebutuhan akan SDM digital berkualitas di semua sektor strategis.

    “Keterampilan digital menjadi sangat penting di era digital seperti sekarang ini, karena hampir semua bidang membutuhkan penggunaan teknologi, digital, dan internet. Oleh karena itu, memiliki keterampilan digital dan penguasaan budaya digital yang baik sangat membantu dalam mencari pekerjaan, memajukan bisnis, juga membantu untuk lebih produktif dan efisien dalam bekerja,” tuturnya dalam Pembukaan Program Pelatihan Bootcamp FGA Batch I Tahun 2023 di Bekasi, Senin (20/03/2023).

    Menurut Kabalitbang SDM Hary Budiarto, pelatihan FGA maupun pelatihan lainnya di DTS telah menjangkau masyarakat sejak tahun 2018. Program tersebut menjadi bagian dari Peta Jalan Indonesia Digital Tahun 2021-2024 sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat transformasi digital. 

    “Salah satu arahan Presiden Jokowi tentang tranformasi digital yaitu menyiapkan talenta bidang digital. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan hadirnya program ini, sehingga dari pimpinan terus mendorong untuk dilaksanakan sampai saat ini,” jelasnya.

    Secara umum, melalui Program DTS Kementerian Kominfo memiliki target untuk mempersiapkan 9 juta talenta digital yang dibutuhkan dalam mendukung transformasi digital Indonesia.

    “Tahun 2023 ini kami Balitbang SDM Kominfo memiliki target untuk melatih 100 ribu talenta digital Indonesia melalui 8 academy, yaitu Fresh Graduation Academy (FGA), Profesional Academy (ProA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Talent Scouting Academy (TSA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA), dan Digital Leadership Academy (DLA),” jelas Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

    Lewat pelatihan FGA, Kementerian Kominfo melatih peserta dan menyediakan peluang sertifikasi global bidang digital secara gratis. Bahkan, Kementerian Kominfo juga membuka link and match dengan partner atau mitra yang membutuhkan tenaga kerja digital kompeten dan berdaya saing di dalam maupun di luar negeri.

    Kabalitbang SDM Hary Budiarto mengajak peserta FGA mengambil kesempatan tersebut dengan baik dan mengikuti proses pelatihan dari mitra hingga tahap akhir.

    “Peserta yang hadir di acara hari ini patut bersyukur dan berbangga karena sudah terpilih sebagai peserta yang mendapat kesempatan emas mengikuti Program Bootcamp FGA Batch 1 Tahun 2023. Silahkan hal ini dimanfaatkan dan diikuti secara maksimal, utamanya semoga keterampilan yang diperoleh, portofolio dari praktek-praktek yang dibangun selama pelatihan, juga sertifikat uji kompetensi bagi yang lulus bisa dijadikan bekal untuk modal bekerja di perusahaan tempat di mana ditempatkan atau bisa juga digunakan untuk kepentingan lain yang bermanfaat,” tuturnya.

    Melalui pelatihan FGA, peserta juga akan mendapatkan manfaat tentang keterampilan baru, kemampuan untuk bekerja dengan teknologi yang lebih baik, serta lebih siap menghadapi tantangan dalam era digital.

    “Kami mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tinggninya atas kerja sama para perusahaan mitra yang telah mendukung program DTS, khususnya di program Bootcamp FGA yang terlaksana sejak tahun 2022 kemarin. Kami yakin, kedepan kita dapat semakin berkontribusi untuk mengembangkan talenta digital potensional dan mencetak jagoan digital Indonesia di masa yang akan datang,” ungkap Kabalitbang SDM Hary Budiarto,

    Pembukaan Bootcamp FGA Batch I dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Litbang SDM Hedi M. Idris, Ketua Sub-Pokja Program FGA-DTS Eyla Alivia Maranny, serta perwakilan dari dua mitra yakni Division Manager Head of Metrodata Academy Marlina Je dan Human Capital Management General Manager Master System Infotama Andreas Teguh.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA