FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2022

    1438

    Dukung Digitalisasi Desa, Menkominfo Minta Warga Golo Loni Optimalkan Infrastruktur Digital

    SIARAN PERS NO. 545/HM/KOMINFO/12/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate (kedua dari kanan), saat meninjau lokasi Tower BTS di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/12/2022). - (Berto)

    Siaran Pers No. 545/HM/KOMINFO/12/2022

    Kamis, 22 Desember 2022

    tentang

    Dukung Digitalisasi Desa, Menkominfo Minta Warga Golo Loni Optimalkan Infrastruktur Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung digitalisasi desa untuk mengembangkan potensi wisata, kuliner dan produk artisan lokal. Menkominfo Johhny G. Plate mengharapkan pembangunan infrastruktur digital termasuk Base Transceiver Station (BTS) akan dapat meningkatkan taraf ekonomi warga desa dengan memperluas pasar. 

    “Pembangunan infrastruktur digital telah dilakukan masif di Indonesia. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo berharap pembangunan infrastruktur digital ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” ungkapnya saat berbincang dengan Kepala Desa Golo Loni di kawasan Tower BTS Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/12/2022).

    Menkominfo menyatakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo bersama Telkomsel menghadirkan layanan telekomunikasi untuk memperkuat digitalisasi Desa Wisata Golo Loni. 

    “Melalui proses yang panjang untuk melakukan bauran pembiayaan dan penyediaan dana pembangunannya, sehingga kami berharap bahwa hasil pembangunan ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di sini,” ungkapnya.

    Menteri Johnny mengharapkan agar infrastruktur digital yang telah dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik. Apalagi letak BTS berada tepat di samping jalan desa sehingga bisa menjangkau wilayah yang agak luas dekat dengan pemukiman warga.

    “BTS dibangun di mana tersedianya listrik, jadi jalan infrastruktur logistik, infrastruktur transportasi, dan infrastruktur telekomunikasi. Ini tiga infrastruktur yang saling berdekatan dengan jalan desa. Ini ada di Desa Golo Loni. Saya harapkan itu bisa digunakan dengan baik,” ungkapnya.

    Pemerintah melaksanakan Program Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja. Menurut Menkominfo, program ini bertujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam membeli produk dalam negeri, mendorong kemampuan dan keahlian lokal serta mengembangkan karya seni dan kreasi lokal.

    “Desa Wisata Golo Loni bisa menjadi ujung tombak artisan lokal, kreasi lokal, kuliner lokal, dan homestay. Kalau Desa Wisata Golo Loni menjadi desa wisata, desa ini akan punya penghasilan lebih tinggi dari dana desa. Seperti ini, karya unik dari bahan dasar bambu dan ramah lingkungan, keren sekali, harus menjadi model dan masih banyak lagi yang lain,” jelasnya.

    Menteri Johnny juga menyatakan Kementerian Kominfo menyediakan pelatihan digital yang bisa dimanfaatkan warga untuk mendorong pemasaran pariwisata Desa Golo Loni.

    “Saya yakin desa ini akan bisa bertumbuh dengan baik nanti, jangan lupa agar kita juga punya talenta digital dan adanya program dari Kominfo untuk pelatihan digital. Tolong nanti diambil, agar terbentuk jaringan setidaknya jaringan pariwisata di Indonesia,” harapnya. 

    Dalam kunjungan itu, Menkominfo memberikan tiga buah laptop untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Golo Loni.  Menteri Johnny mengharapkan visi Desa Golo Lini yang sejalan dengan kebijakan pemerintah yaitu Bangga Berwisata di Indonesia Aja dapat terwujud.

    “Satu kegembiraan bagi saya bisa datang ke desa Golo Dengan melihat bagaimana energiknya penjelasan dari Kepala Desa Golo Loni Yohanes B. Okalung, visi di mana kepariwisataan juga didigitalisasikan. Saya yakin pemanfaatan infrastruktur TIK di desa ini akan bisa dilakukan secara optimal dan maksimal,” ungkapnya.

    Kepala Desa Golo Loni Yohanes B. Okalung mengapresiasi dukungan Kementerian Kominfo ke Desa Golo Loni. Saat ini terdapat empat jenis atraksi wisata andalan yaitu arung jeram, agrowisata sawah, kolam pancing, dan spot foto. Menurut Kades Yohanes, keberadaan jaringan internet dapat mempermudah Kelompok Sadar Wisata untuk mempromosikan potensi wisata desa.

    "Digitalisasi sangat membantu kami. Sejauh ini sudah ada sejumlah wisatawan yang berasal dari Amerika, Jerman, Australia, hingga domestik. Mereka menginap sampai seminggu," ungkapnya.

    Yohanes B. Okalung berharap dukungan Kemenkominfo berupa BTS BAKTI Kominfo ini bisa makin mempermudah berbagai aktivitas pemasaran produk wisata, sehingga banyak orang yang ingin berkunjung ke desa itu. "Kalau banyak yang berkunjung, ekonomi desa bisa makin meningkat," tandasnya.

    Hadir dalam acara itu, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Kominfo Dhia Anugrah Febriansa, VP Network Partnership Management PT. Telkomsel Awal Chalik, Direktur Sales Konsorsium Fiber Home Telkom Infra MTD, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tenaga pendidik, siswa SD Negeri Inpres Maras, anggota kelompok sadar wisata, serta tetua adat Desa Golo Loni.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo

     

    Menkominfo Tinjau BTS Golo Loni WB II

    Menkominfo Tinjau BTS Golo Loni WB III

    Menkominfo Tinjau BTS Golo Loni WB IV

    Menkominfo Tinjau BTS Golo Loni WB V

    Menkominfo Tinjau BTS Golo Loni WB VI

    Menkominfo Tinjau BTS Golo Loni WB VII

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA