FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2022

    1110

    Kesan Kepala Delegasi G20 Menanam Mangrove

    Kategori Artikel GPR | andr045

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara G20 dan undangan meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Bali, Kota Denpasar, Bali, Rabu pagi. 

    Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Abubakar yang turut mendampingi Presiden Jokowi pada acara tersebut menceritakan kekaguman para pemimpin G20. 

    Presiden Prancis Emmanuel Macron memuji revitalisasi mangrove yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia. “Ini impresif dan sangat baik. Ini adalah langkah nyata aksi (pertemuan) iklim Paris Agreement,” ujar Siti, mengulang perkataan Macron.

    Tak cuma Macron, apresiasi terhadap keberadaan Tahura juga disampaikan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Menurut Siti, Rutte menyebut Indonesia telah memulai langkah hebat. “Ini bagus sekali. Indonesia telah memulai dengan baik. Ide-ide Presiden Jokowi hebat,” puji Rutte, seperti diulang Siti.

    Rutte terlihat berbincang cukup lama dengan Siti Nurbaya serta Presiden Amerika Serikat Joe Biden di tempat istirahat yang disediakan usai berkeliling Tahura. Dalam perbincangan tersebut, Biden juga mengutarakan apresiasi terhadap Tahura.

    “(Tahura Ngurah Rai) bagus sekali. Langkah nyata yang sangat bagus. Mengesankan,” kata Siti menirukan apa yang dikatakan Presiden Biden.

    Selain menyambut, Siti juga turut berjalan keliling kompleks hutan mangrove bersama para pimpinan delegasi G20. Ia tampak berbincang dengan beberapa tamu negara yang hadir di sana sepanjang acara.

    Misalnya saat para kepala negara lain asyik mendengarkan penjelasan pemandu serta Presiden Jokowi di bagian depan rombongan, Siti berada di belakang barisan berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Mereka bahkan sampai menghentikan langkah tatkala berbincang.

    Penanaman mangrove oleh Presiden Jokowi dan para kepala delegasi merupakan salah satu agenda KTT G20. Kegiatan ini menunjukkan komitmen dan kepedulian pemerintah Indonesia terhadap pelestarian lingkungan hidup.

    Berita Terkait

    KTT G20 Berakhir, Deklarasi G20 Bali Diadopsi dan Disahkan

    Selengkapnya

    TNI Siapkan Prosedur Evakuasi Delegasi G20 Lewat Laut

    Selengkapnya

    GWK Coba Mengukir Kesan bagi Delegasi KTT G20

    Selengkapnya

    Pelaku UMKM Bali Sambut Delegasi KTT G20 dengan Sistem Pembayaran Digital

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA