FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 10-2022

    1501

    Siapkan Media Center KTT G20, Menkominfo: Lebih Dari 1.000 Jurnalis Terdaftar

    SIARAN PERS NO. 454/HM/KOMINFO/10/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate, dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20, di Hotel Apurva Kempinski, Badung, Bali, Selasa (04/10/2022). - (Berto)

    Siaran Pers No. 454/HM/KOMINFO/10/2022

    Selasa, 04 Oktober 2022

    Tentang

    Siapkan Media Center KTT G20, Menkominfo: Lebih Dari 1.000 Jurnalis Terdaftar

    Menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan fasilitas untuk jurnalis yang akan meliput momentum puncak Presidensi G20 Indonesia itu.

    Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan sudah membuka pendaftaran bagi jurnalis dan menyiapkan media center untuk mendukung kelancaran peliputan selama KTT G20 berlangsung.

    “Hingga 30 September 2022 pukul 08.00 WIB, sudah ada 1.337 jurnalis dari 215 media yang telah melakukan pendaftaran melalui website G20. Pengambilan ID para awak media dapat dilakukan pada 10 s.d. 15 November 2022 di Hotel Courtyard,” paparnya dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20, di Hotel Apurva Kempinski, Badung, Bali, Selasa (04/10/2022).

    Mengenai ketentuan visa bagi jurnalis asing, Menkominfo menyatakan prosedur sesuai dengan acuan yang disepakati Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Menurutnya, penerbitan visa dapat menggunakan mekanisme B211A setelah mendapatkan rekomendasi dari kementerian dan lembaga terkait. 

    Visa B211A berlaku bagi mereka yang akan mengunjungi Indonesia untuk tujuan kegiatan resmi pemerintah, pariwisata, kegiatan sosial dan budaya, olahraga, kegiatan bisnis dan komersial, kunjungan keluarga, kegiatan jurnalistik atau transit tanpa membutuhkan penjamin sebagai sponsor,” jelasnya.

    Adapun bagi jurnalis atau media yang dibawa oleh Kepala Negara atau Official Traveling Press (OTP), terdapat fasilitasi berupa perpanjangan masa registrasi dan Visa Dinas dari Kementerian Luar Negeri.

    “Delegasi OTP biasanya menyiapkan media center khusus di hotel mereka, sehingga Kominfo hanya akan fokus memberikan fasilitasi di media center BICC,” tutur Menteri Johnny.

    Menkominfo menyatakan telah menyiapkan Media Center KTT G20 dengan  kapasitas untuk 1.500 orang. “Media Center berlokasi di Bali International Convention Center (BICC), Hotel Westin, Nusa Dua Bali dan akan beroperasi mulai tanggal 13-17 November 2022,” tuturnya.

    Menurut Menteri Johnny, Media Center tersebut terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan tiga fasilitas utama berupa Workstation (Mangapura Hall), Conference Room (Auditorium), dan Viewing Room (Nusantara).

    “Selama kegiatan KTT G20 berlangsung, Bapak Presiden Joko Widodo akan menyampaikan delapan kali media briefing setelah tiap-tiap sesi pertemuan selesai. Venue Media Briefing akan disiapkan di sekitaran Lobby Hotel Apurva,” jelasnya.

    Dalam rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu hadir pula Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko; Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi;  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly; Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; serta Kepala Badan Sandi dan Siber Negara, Hinsa Siburian.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 289/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

    Pemerintah membuka masukan dan saran dari negara-negara yang sudah lebih dulu mengaplikasikan teknologi 5G. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 288/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Jajaki RAM, Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

    Menteri Budi Arie menyatakan Indonesia menggunakan pendekatan horizontal dan vertikal untuk menyusun regulasi yang berkaitan dengan teknolog Selengkapnya

    Siaran Pers No. 287/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi AI secara Etis

    Kehadiran pedoman etika menjadi acuan untuk mengurangi risiko pemanfaatan teknologi AI untuk sektor komunikasi publik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 286/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Pelaku Komunikasi Publik Adopsi Teknologi AI

    Menkominfo mengingatkan pelaku komunikasi publik untuk memiliki strategi dalam beradaptasi dengan teknologi AI. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA