FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 09-2022

    1323

    Menteri Johnny Galang Dukungan Pencalonan Indonesia dalam ITU Lewat Pertemuan Bilateral

    SIARAN PERS NO. 447/HM/KOMINFO/09/2022
    Kategori Siaran Pers
    - (AYH)

    Siaran Pers No. 447/HM/KOMINFO/09/2022

    Rabu, 28 September 2022

    Tentang

    Menteri Johnny Galang Dukungan Pencalonan Indonesia dalam ITU Lewat Pertemuan Bilateral 

     

    Pemerintah Republik Indonesia berupaya menggalang dukungan untuk pencalonan dalam Dewan International Telecommunication Union (ITU) dan kenggotaan Radio Regulations Board (RRB) Region E Asia dan Australasia.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menggalang dukungan melalui pertemuan bilateral dengan perwakilan negara anggota ITU dan lembaga internasional.

    "Hari ini kita punya kesempatan untuk melakukan beberapa pertemuan bilateral, tadi baru saja bertemu dengan Kementerian Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania dan ANKOM Rumania. Di mana Rumania memberikan dukungan untuk kandidasi Indonesia di ITU Council dan Radio Regulations Board," ujarnya di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Rabu (28/09/2022).

    Selain dengan Menteri Rumania Sebastian-Loan Burduja, Menteri Johnny juga menggelar pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Teknologi Tunisia Nizar Ben Nezi, dan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Jose Agustinho da Silva.

    "Jadi ada beberapa pertemuan bilateral lagi yang harus dilakukan dalam rangka  menggalang dukungan untuk kandidasi Indonesia di ITU 2022 ini," jelasnya.

    Selain pertemuan bilateral, Kementerian Kominfo menginisiasi kegiatan Indonesian Night dengan menyajikan pagelaran seni budaya dan tarian dari Indonesia.

    "Akan ada juga eksibisi tenunan karya Indonesia disamping tentu yang utama adalah kita sekali lagi untuk menggalang dukungan atas usaha kita untuk menjadi Anggota ITU Council dan mendukung Pak Meiditomo sebagai Anggota Radio Regulations Board region E," ujar Menkominfo.

    Menurut Menteri Johnny, dalam setiap pencalonan di tingkat multilateral, dukungan dan pemilihan kandidat tentu bisa selalu berubah. Namun demikian, Indonesia masih menjadi salah satu kandidat kuat bersama dengan empat negara lain di Region E Asia dan Australasia.

    "Mudah-mudahan kita semakin kuat (menduduki posisi Anggota RRB Region E) bersama-sama dengan Saudi Arabia dan India. Kita terus menggalang dukungan," jelasnya.

    Menkominfo menyatakan bahwa Indonesia sudah sejak lama memberikan dukungan kepada ITU Council dengan keahlian dan kebijakan yang telah disiapkan.

    "Dari informasi dan laporan yang saya peroleh dukungan terhadap Indonesia di Council makin kuat. Nanti kita lihat pemilihannya di tanggal 3 Oktober 2022.

    Menteri Johnny mengajak seluruh pihak untuk optimis dan terus memberikan dukungan kepada Indonesia dalam Forum ITU.

    "Yang namanya berjuang harus selalu optimis sampai last minute, kita never give up. Tim negosiasi dari Kominfo terus bekerja dan terus bergerak melakukan berbagai pendekatan dengan berbagai cara, termasuk menyiapkan pin 'Vote for Indonesia' .  Pin ini didistribusikan untuk mengingatkan bahwa Indonesia mencalonkan diri untuk Council dan Anggota Radio Regulations Board, usaha itu akan terus kita lakukan sampai saat pemilihan," jelasnya.

    Menkominfo Johnny G. Plate juga melakukan wawancara dengan ITU selaku penyelenggara Plenipotentiary Conference 2022.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA