FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2022

    1537

    Wapres Minta Rakyat Masak Pakai Kayu Bakar? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten tangkapan layar artikel berita di Twitter berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit". Konten itu juga disertai foto ilustrasi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berpidato di podium. Dalam tangkapan layar tersebut  tertera tanggal publikasi yaitu 19 September 2022 serta nama jurnalis yang menulis konten tersebut.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta tangkapan layar artikel berita tersebut adalah hasil suntingan. Dilansir dari merdeka.com, artikel asli diunggah oleh situs berita okezone.com dengan judul "Wapres Ma'ruf Amin: Prof Azyumardi Azra Akademisi Berkaliber Dunia". Artikel tersebut dipublikasikan pada 19 September 2022 pukul 18.59 WIB.

    Foto ilustrasi dari berita hasil suntingan tersebut juga sama dengan berita asli yang diterbitkan okezone.com, yaitu foto Wapres Ma’ruf Amin menggunakan batik yang didominasi warna cokelat dan memakai kopiah. Sementara itu, tidak ditemukan informasi dari media daring yang menyebutkan Wapres Ma'ruf Amin meminta masyarakat memasak menggunakan kayu bakar agar lebih irit.

    Berikut laporan isu hoaks, disinformasi, dan misinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (22/09/2022):

    1. [HOAKS] Pesan Berantai Tawaran Investasi Proyek IT Mengatasnamakan Bank Indonesia
    2. [HOAKS] Indonesia Kirim Pasukan Militer untuk Bergabung dengan Latihan Militer Vostok 2022

    Berita Terkait

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    Beredar Beras Plastik di Malinau Kaltara? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta yang dilansir dari cekfakta.tempo.co, belum ada hasil penel Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA