FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2022

    857

    Bersama Cetak Juara Untuk Kebangkitan Olahraga Indonesia

    Kategori Artikel GPR | andr045

    Setelah melewati masa pandemi Covid-19 selama dua tahun lebih, masyarakat Indonesia mulai menunjukkan bangkit bersama baik di bidang ekonomi, kesehatan dan sebagainya. Yang lebih penting aktifitas dan produktifitas masyarakat untuk hidup sehat dan bugar dengan berolahraga mulai semakin terlihat.

    Momentum ini yang menjadi pemantik dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 67 yang tepat akan dilaksanakan pada tanggal 9 September nanti. Untuk Haornas ke-39 tahun 2022 kali ini akan dilaksanakan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

    Acara puncak Haornas ke-39 tahun 2022 nanti direncanakan akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama seluruh stakeholder olahraga di Indonesia. Kehadiran Wakil Presiden, Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Daerah, serta Stakeholder olahraga di seluruh Indonesia menjadi bukti kolaborasi dan komitmen kuat bersama untuk membangun kemajuan olahraga Indonesia.

    “Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara di bidang olahraga dalam prosesnya sangatlah panjang. Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science,” kata Menpora Amali.

    Menurut Menpora Amali, lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan kontribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi, oleh sebab itu maka tema peringatan HAORNAS XXXIX Tahun 2022 ini adalah “Bersama Cetak Juara”.

    Selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. 

    “Mari kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Menpora Amali.

    Menpora juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang telah memberikan arahan tentang pembinaan olahraga secara umum dan khususnya peningkatan prestasi olahraga nasional. Begitu juga kepada Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia yang telah menjadi Ketua Tim Koordinasi Pelaksanaan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

    Terima kasih juga disampaikan Menpora Amali kepada serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju bersama Pimpinan Lembaga Non Kementerian yang telah menjalin kerjasama membangun sinergi untuk Implentasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) beserta seluruh insan olahraga dan masyarakat yang selama ini telah bersama-sama dalam upaya memajukan olahraga di Indonesia, baik untuk olahraga prestasi, olahraga pendidikan, maupun olahraga rekreasi.

    Untuk rekan-rekan KONI, KOI, NPC Indonesia, KORMI Nasional, PORTURIN, SOINA, BAPOPSI/BAPOPMI, para atlet elit dan junior, pelatih di PPLP/SKO/klub-klub/sekolah-sekolah, para pembina di induk organisasi cabang olahraga/PB-PB/PP-PP/Pengprov/Asprov, dan lain-lain, juga kepada rekan-rekan wartawan agar terus berama-sama turut aktif mempromosikan dan memajukan olahraga Indonesia.

    Kepada para pahlawan dan peraih penghargaan olahraga, semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan minat masyarakat untuk berolahraga. 

    Selamat memperingati Hari Olahraga Nasional ke-39 tahun 2022 untuk semua warga Negara Indonesia semoga dapat mencintai olahraga sebagai gaya hidup (life style), sehat dan bugar.

     

    Berita Terkait

    Bergerak Bersama Memberi Makna untuk Bangsa

    Selengkapnya

    Bersama Majukan Pemuda Untuk Indonesia Emas 2045

    Diperlukan kolaborasi semua komponen dan elemen pemuda baik di Kementerian dan Lembaga untuk bisa mewujudkan pemuda yang berkualitas, Tanggu Selengkapnya

    OIC-CA 2023 Jadi Ajang Mengenalkan Kebhinekaan Budaya Islam Indonesia

    Selengkapnya

    Bangun Jembatan Penghubung, Kemensos Bangkitkan Perekonomian Warga Koto Salak

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA